Pixabay/HeteroSapiens

Bermimpilah setinggi langit dan bila jatuh, kamu akan jatuh di antara bintang-bintang

Setiap orang pasti punya mimpi dan punya peluang. Punya kesempatan pula untuk mewujudkannya. Jangan tanggung-tanggung, gantungkan mimpimu setinggi langit. Semakin tinggi mimpimu, semakin besar pula pencapaian yang akan kamu dapat.  Sekalipun kamu terjatuh, kamu akan jatuh di antara bintang-bintang,  seperti yang Bung Karno katakan.

Namun, kamu harus ingat bahwa mimpi tidak hanya sebatas angan-angan, bukan sekadar ambisi yang menggebu, tetapi juga butuh tindakan, kesungguhan, semangat pantang menyerah, serta kesiapan menghadapi segala kendala dan tantangan yang menghadang. Butuh usaha dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Berikut lima alasan mengapa kamu harus punya mimpi setinggi langit.

1. Saat kamu punya mimpi, kamu tahu apa yang menjadi tujuan hidupmu

Pixabay/Tumisu

Berbicara tentang mimpi, sudah pasti tidak lepas dari asa atau harapan yang ada di pikiranmu. Dengan memiliki mimpi, kamu menjadi tahu apa yang kamu harapkan dan inginkan dalam hidupmu, serta tahu jalan mana yang harus kamu pilih agar tidak salah langkah.

Setiap langkah yang kamu ambil inilah yang akan menentukan masa depanmu. Kehidupan seperti apa yang ingin kamu jalani kelak dan pencapaian seperti apa yang ingin kamu raih. Harapan akan masa depan yang lebih baik inilah yang membuat kamu tak ragu untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk bisa mewujudkannya.

2. Mimpi membuat kamu punya target yang ingin kamu capai

Pixabay/Kalhh

Masih berkaitan dengan poin pertama. Untuk mewujudkan mimpimu, tentu saja kamu perlu target. Karena itu, kamu harus punya rencana untuk setiap langkah dan tindakan yang akan kamu ambil.

Target ini akan mengingatkanmu, memotivasi dan memicu semangatmu, membuat langkahmu lebih cepat daripada orang lain karena kamu punya batas waktu tertentu untuk setiap mimpi yang ingin kamu raih dan wujudkan. Kamu menjadi fokus dan konsisten dengan apa yang ingin kamu capai. Kamu akan mendisiplinkan dirimu dan berusaha keras untuk bisa mewujudkannya.

3. Menganggap setiap tantangan sebagai proses yang akan membawamu pada kesuksesan

Pixabay/Geralt

Dalam perjalanan mewujudkan mimpimu sudah pasti akan selalu ada tantangan dan hambatan yang bisa membuatmu gagal, putus asa, dan terjatuh. Kamu sadar dan paham bahwa keberhasilan atau kesuksesan tidak didapat dengan instan. Ada proses panjang yang harus kamu lalui.

Meskipun apa yang sudah kamu rencanakan dan wujudkan tidak selalu sesuai dengan harapanmu, hal itu tidak membuatmu patah semangat. Kamu akan bangkit dan bangkit lagi setiap kali terjatuh. Kegagalan ini juga yang akan menempa kamu menjadi sosok yang tahan banting dan tidak mudah menyerah.

4. Membuat kamu tahu apa yang menjadi passion-mu dan memotivasi kamu untuk menggali potensi yang kamu miliki

Pixabay/Nastya_Gepp

Saat kamu memiliki mimpi, tentunya kamu akan mencari seseorang yang akan kamu jadikan panutan atau role model. Sosok yang mengispirasi yang akan menjadi tolak ukurmu dalam mewujudkan mimpimu, kesuksesanmu. Keberadaan role model ini tentu saja kamu pilih berdasarkan  minat dan bakat yang ada pada dirimu.

Gali dan kembangkanlah minat dan bakatmu dengan baik. Semua mimpimu akan terwujud asal kamu punya keberanian untuk mengejarnya. Sebab, jika kamu serius dengan apa yang kamu minati dan kuasai, langkahmu akan lebih mudah. Tekanan yang kamu hadapi akan semakin kecil karena melakukan suatu pekerjaan sesuai passion selalu menyenangkan.

5. Keberhasilan dan kesuksesanmu akan menginspirasi banyak orang

Pixabay/Geralt

Masih ingat lirik lagu yang mengatakan bahwa mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia? Nah, saat kamu berhasil mewujudkan mimpimu dan meraih kesuksesan, kamu akan menginspirasi banyak orang. Kamu akan menjadi panutan. Sesuatu yang membanggakan, bukan? Jadi, jangan pernah berhenti mewarnai duniamu dengan mimpi-mimpimu. Kejarlah sampai kamu bisa meraihnya.

Bagaimana denganmu? Apa mimpimu dan sudahkah kamu mewujudkannya? Percayalah, mimpi tidak akan membuat hidupmu membosankan. Akan selalu ada semangat untuk menjadi lebih baik.(alp)