Pixabay_Marimari1101

Bagian tersulit dalam menggambar sesosok manusia adalah wajah. Iya nggak sih? Atau aku saja yang kesulitan saat menggambar wajah? Pertama kali aku mencoba menggambar bagian wajah seperti hidung, bibir dan mata membuatku tertawa saat melihat hasilnya, hidung bengkok, bibir yang mencong sana-sini, ini akibat nekat membuat gambar tanpa belajar dulu. Tapi nggak bikin nyerah dong ya, mulailah aku menonton beberapa video yang menampilkan bagaimana sebuah wajah di sketsa dan menghasilkan gambar.

Sambil belajar kita sama-sama latihan yuk membuat bagian-bagian wajah, siapa tahu ada yang juga lagi tertarik dengan dunia menggambar. Untuk pemula, sebaiknya melatih membuat bagian-bagian wajah terlebih dahulu sebagai dasar dalam membuat gambar wajah. Peralatan yang dibutuhkan untuk awal cukup menggunakan pensil 2B, buku gambar, penghapus dan cotton bud.

Hidung

Untuk membuat hidung, kita dapat memulainya dengan dua pola bantu, pola ini nantinya akan mempermudah kita untuk membentuk bagian hidung. Pola awal untuk cara yang pertama dimulai dengan membuat segitiga terbalik, sedangkan pola awal untuk cara yang kedua dimulai dengan membuat satu lingkaran besar dan dua lingkaran kecil di sampingnya. Kemudian buat bagian lubang hidung dan sisi samping hidung, selain memperhatikan tekanan goresan pensil, kita juga bermain pada efek bayangan. Untuk menyatukan goresan pensil dan membuat efek goresannya terlihat halus kita gunakan cotton bud. Untuk langkah selanjutnya bisa dilihat pada gambar.

Bibir

Membuat bagian bibir juga dapat dimulai dengan dua pola bantu. Pola awal untuk cara yang pertama dimulai dengan membuat satu lingkaran di bagian atas dan dua lingkaran di bagian bawah, buatlah garis pemisah antara satu lingkaran di atas dengan dua lingkaran di bawahnya. Sedangkan untuk pola awal cara kedua dimulai dengan dengan membuat dua lingkaran di bagian bawah dan satu segitiga terbalik di atasnya, lebih tepatnya segitiga seperti pick gitar, dengan sisi-sisi yang melengkung. Langkah selanjutnya untuk kedua pola ini tidak jauh berbeda, yaitu dengan membuat garis luar bibir, menambahkan efek bayangan dan membuat garis-garis kecil seperti yang ada pada bibir kita. Untuk langkah demi langkah membuat bagian bibir ini, bisa dilihat pada gambar.

Mata

Untuk membuat bagian mata, kita buat dulu garis bantunya. Buatlah jarak antar mata seukuran dengan satu mata, misalkan kita ingin membuat ukuran mata sepanjang 3 cm, maka jarak antar mata juga 3 cm. Setelah membuat garis bantu, mulailah membuat bagian luar mata serta lingkaran untuk iris mata. Setelah selasai, hapus garis bantu, di sini kita harus membuat perbedaan saat menekan pensil, untuk garis bantu awal kita buat lebih tipis dari goresan bagian luar mata dan lingkaran iris mata. Langkah selanjutnya, tentukan dari mana arah datangnya cahaya, ini untuk memberikan efek pantulan cahaya pada iris mata, buatlah juga garis untuk lipatan mata bagian atas dan bawah mata.

Setelah itu mulailah menggoreskan bagian tengah iris mata dan beri goresan-goresan tipis pada lingkaran bagian dalam iris mata. Buat bayangan dengan menyapu goresan pensil menggunakan cotton bud. Selesai membuat iris mata, selanjutnya membuat bulu mata dan alis, ini lebih bagaimana kita menggoreskan pensil dengan perasaan, hehe…nyasar jadi ke perasaan deh. Maksudnya saat mengoreskan pensil kita perlu berhati-hati, jangan terlalu ditekan dan digoreskan dengan cepat.

Membuat bulu mata gunakan pensil yang ujungnya tajam untuk menghasilkan goresan halus seperti pada bulu mata. Sedangkan untuk alis mata, kita gunakan pensil yang ujungnya sedikit tumpul terlebih dahulu dan buat bayangan dengan menyapu goresan pensil menggunakan cotton bud, kemudian baru membuat goresan alis mata menggunakan pensil yang ujungnya tajam untuk mempertegas bagain luar alis mata bagian luar.

Semoga gambar yang aku buat step by step dapat mewakili cara membuat ketiga bagian wajah, mau ditulis lebih detail aku kok susah ya membahasakannya dalam bentuk tulisan. Mau dibuat video, belum ada teman yang bantu pegang kamera saat aku membuat gambar, jadinya aku buat gambarnya satu-satu. He..he…maaf ya aku jadi curcol. Semoga nggak bikin bosan bacanya.

Jika ada yang lebih berpengalaman dalam dunia sketsa dan gambar wajah, bisa bagi-bagi lho ya kiat-kiatnya. Jadi aku dan mereka yang lagi tertarik dengan dunia sketsa dan gambar bisa belajar.

12 KOMENTAR

  1. 😱😱😱 Wih, keren banget! Kayaknya mudah diikuti kalau melihat tutorialnya. Entah kalau sudah praktiknya. Wkwkkkw. 😍😍😍

    Aku paling enggak bisa menggambar tuh. Menyedihkan, tapi aku sih selalu menghibur diri bahwa enggak semua hal harus aku kuasai. Yang aku aku kuasai hanya apa yang aku suka. Misalnya, membaca novel dan menonton. Wakakaks. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚