Sumber gambar pixabay.com/robinsonk26

Kenapa saya tidak di kenal? Ini pertanyaan mendasar dalam personal branding. Mungkin juga bagaimana publik menilai atau melihat kita? But! apa iya Branding itu penting? Tidak perduli untuk personal atau untuk sebuah instansi bahkan komunitas yang masih kecil.

Brand berbeda arti dengan branding. Brand diartikan sebagai merk sedangkan branding lebih pada kegiatan komunikasi oleh personal, komunitas, perusahaan, untuk membangun dan membesarkan brand atau merk.

Selow dulu tidak usah serius banget. Analisa secara sederhana dari personal dulu. Bila kamu ditanya seseorang siapa kamu? Beranikah anda menjawab saya writer atau designer atau programer maupun yang lainnya. Jawab dengan percaya diri tanpa ada keraguan. Kalau kamu sudah berani berarti sudah selangkah mengambil sikap untuk memperkenalkan diri.

Tapi kalau pertanyaan itu membuat kamu bingung? Don’t sad! Aku juga sama sepertimu. Tidak ada yang terlambat. Lihat Spider-Man: Into the Spider-Verse, di adengan Miles terlambat masuk kelas. Dengan cedas dia menjawab “saya tidak terlambat. Secara teori relativitas waktu, bisa saja kelas ini yang terlalu cepat dimulai.”

So! umur tidaklah menjadi acuan untuk suatu keberhasilanmu. Bahkan banyak juga orang-orang yang baru berhasil di umur 40-an. Kalaupun saat ini kamu masih bingung untuk menunjukkan diri. Masih ada waktu untuk memutuskan dan konsisten dengan apa yang kamu pilih. Percayalah usaha tidak pernah mendua. Dia selalu punya cara romantis untuk bercanda. Suatu saat namamu akan membumbung tinggi setinggi langit di angkasa.

Komunitas ataupun perkumpulan kadang di pengaruhi oleh orang-orangnya. Kalau orang yang di dalamnya keren-keren. Secara alamiah publik akan mengakui, komunitas ini bagus. Lalu bagaimana dengan wadah yang baru saja lahir? Dengan orang-orang biasa saja. Don’t sad! Selagi kita punya mimpi di situlah kita akan dipertemukan.

Justru saat masih baru. Itulah kesempatan besar untuk membangun. Bagi yang secara personal sudah besar. Ini menjadi wadah untuk sharing atau berbagi. Bagi yang namanya belum terkenal. Ini adalah tempat untuk belajar dan membagun diri. Lakukanlah dengan konsisten, secara alami nama komunitas juga akan ikut besar. Kalau sudah besar orang-orang yang di dalamnya juga akan mendapatkan manfaatnya.

Adapun perusahaan, ini bukan kaliber saya. Terus terang saya sendiri belum punya perusahaan. Namun berdasarkan pengalaman. Perusahaan juga menekankan pada branding. Memunculkan komunikasi rasa percaya bagi customer, clientnya. Mungkin suatu saat kalau saya sudah punya perusahaan akan saya share bagaimana ilmunya. So! Doakan ya.

Dari pada saya sok tahu dari apa yang kalian juga kurang tahu. Karena aku tahu kalian juga belum punya perusahaan. Lebih baik suatu saat kalau sudah punya perusahaan. Bisa berbagi ilmunya sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Jangan lupa juga bayar pajak.

Pada intinya branding sangatlah penting. Tidak hanya perusahaan ataupun komunitas tapi secara personal juga dibutuhkan. Kalau saat ini dunia belum tahu siapa kamu. Tunjukkanlah tepat dimata mereka. Supaya sadar akan keberadaanmu. Tentunya dengan cara positif dan smart.

Tapi kalau menurut kalian tidak penting juga enggak masalah. Don’t sad!

21 KOMENTAR

  1. Tuan, curhat, ya? Wkwkwkwk. Jangan menyerah, Tuan. Ah, Tuan pasti terlalu lelah sehingga tulisan Tuan kali ini tidak mengalir dan …. Enggak tega ngomongnya, Tuan. 😑😱

    Izinkan aku panjat nama dulu, ya Tuan? Toh, aku sudah terikat janji untuk tidak meninggalkan Penakata. Hehehe. Sudah dulu ah, Tuan Dasamuka. Seperti biasa, sudah teler nih mata. Semua perlengkapan tidur sudah mamanggil. 😴😴

    Oya, tetap teguh dan kuat dalam segala hal, ya Tuan. Seperti yang Tuan bilang. Berlaku juga untuk Tuan, bukan untukku saja. Wkwkkwk.😇👼

    • Sampai pagi ini aku masih terjaga. Tidak untuk meratap tapi untuk optimis. Bukan juga untuk serius tapi untuk komitment.
      Bumbungkanlah namamu kak lydia hingga ke angkasa. Bawalah nama ini juga terbang di sampingmu.

      Malam ini doaku serasa dekat dengan pintu pengkabulan dalam tirakat keputusan. Teguhku tak akan goyah pendirianku tidak akan patah. Tetap semangat dan konsisten. 🤣🤣👍👍

      • Kalau Tuan sudah serius kayak gini, mengapa aku merinding, ya? Was-was juga karena rasanya lebih menyenangkan bila Tuan rada gokil alias sedikit nyeleneh. Wkwkwk.😱😝

        Amin.😇😇 Harus selalu keren, Tuan. Wakakak, aku kok mendadak aneh bahas kayak ginian nih, Tuan. Dasar Dasamuka, bikin aku ngakak saja. Hahahaha. 😂😂

          • 😖😖 😖 Tuan, aku mohon dengan segenap jiwa dan raga, kalau balas komenku jangan pakai bahasa planet yang aku enggak ngerti dan bingung mengartikannya. Kalau Tuan ulangi lagi, kasih aku ini saja Tuan 🔪🔪.

            Rasanya aku frustrasi dan bawaannya pengen nangis guling-guling di lantai. 😭😭😭