sumber: pixabay.com/27707

Halo goodwritersΒ yang cerdas, baik, dan rajin menabung.

Pagi ini cerah, secerah harapan Mimin untuk Penakata.

Tapi Mimin lagi pusing nih. Pengin ngambekΒ sama elu yang bikin Mimin pusing. Soalnya para goodwriters kelewat kreatif, sampai Mimin bingung. Mimin senang sebenarnya, tapi Mimin pengin bikin tips supaya elu semua makin kreatif.

Yap, Mimin mau ngasih tahu cara upload gambar yang tepat untuk tiap tulisan loe di Penakata. Sayang banget nggak sih, kalau tulisan loe bagus, tapi upload gambarnya nggak tepat?

Yak, nggak usah disimak, ya! Kalau loe makin pinter kan gawat!

1. Cari gambar yang relevan dengan isi tulisan

Yang ini sih pasti goodwriters udah pada tahu. Loe semua Mimin sarankan untuk cari gambar bagus di Pixabay atau Pexels deh. Udah gretongan (gratis), bagus-bagus pula.

Meski begitu, Mimin tetap nggak melarang elu semua untuk upload gambar milik loe sendiri. Itu jauh lebih baik. Lumayan kan, karya loe terpublikasi.

Dan yang pasti, gambarnya pas alias cocok sama tulisan loe ya. Ya gitu, namanya gambar kan untuk mendukung tulisan. Masa gambar untuk mendukung capres. Oops!

2. Gunakan gambar landscape

Sebenarnya Mimin mengapresiasi sekali para goodwriters yang menggunakan gambar sekreasi mungkin. Ada yang portrait, landscape, miring, bahkan jungkir balik, semua adalah kreativitas. Mimin nggak mau dibilang nggak kreatif karena menyarankan elu semua pakai gambar landscape.

Tapi oh tapi, lihat sendiri deh kalau gambar loe nggak landscape! Sebelum judul tulisan loe diklik, gambar loe jadi nggak utuh. Cukup hati loe aja yang nggak utuh deh!

3. Upload gambar dengan tepat

Banyak cara untuk upload gambar di Penakata ini. Via ponsel maupun PC sebenarnya sama. Tapi Mimin mau contohin via ponsel aja. Soalnya Mimin bikin tulisan ini di atas awan dan nggak bawa laptop, apalagi komputer. Ribet!

  • Upload gambar melalui menu Media lalu Klik Tambah baru.

  • Setelah itu, klik Pilih Berkas dan unggah gambar loe. Ingat, ukuran gambar maksimal 2 MB, ya. Jangan gede-gede!

  • Seusai gambar terunggah, klik EditΒ untuk menambahkan keterangan gambar.

  • Goodwriters wajib mencantumkan sumber gambar, ya. Tanpa mencantumkan sumber gambar, sama aja elo semua mengakui bahwa gambar tersebut milik loe sendiri. Dih, ngaku-ngaku! Kalau dituntut, Mimin nggak tanggung jawab loh ya. Enak aja, Mimin kan enggak ngapa-ngapain!

  • Dalam mencantumkan sumber gambar, perlu kita apresiasi juga orang yang memiliki karya gambar tersebut. Jadi, lebih baik ditulis dengan format: pixabay.com/namaakunpixabay.

  • Kalau udah, simpan gambar yang sudah diedit keterangannya. Klik Perbarui.

Selesai deh.

Sebenarnya ada opsi lain. Seperti halnya banyak jalan menuju Roma, banyak cara juga untuk upload gambar. Pengin tahu pengin tahu? Yak, jangan disimak!

  • Klik Tambahkan Media di bagian menu text editor tempat loe semua memasukkan tulisan.

  • Setelah mengunggah gambar, akan muncul begini. Loe tinggal edit aja sumber gambar di kolom Keterangan.

  • Kemudian Klik Sisipkan ke dalam pos.

Nah! Gampang, kan? Masa gitu aja nggak bisa!

4. Unggah gambar utama tulisan loe di “Gambar Unggulan”

Ini yang sering bikin Mimin pusing. Goodwriters harus tahu, gambar unggulan dan gambar yang disisipkan dalam tulisan itu BEDA! BEDA OY, BEDA!

Oops. Maaf, kepencet Capslock.

Jadi, Gambar Unggulan adalah gambar utama yang akan muncul di tulisan loe semua. Seperti ini:

Begini jadinya kalau gambar diupload di Gambar Unggulan

Mimin sering menjumpai nih para goodwriters yang upload gambarnya di bagian atas tulisan, seperti ini:

Ini contoh gambar yang diupload di bagian paling atas sebelum tulisan loe

Maka jadinya begini:

Begini jadinya kalau gambar nggak diupload di Gambar Unggulan

Jelek, kan? Gambar loe nggak akan muncul!

Kalau memang gambar mau disisipkan di tengah-tengah tulisan, maka jangan diupload di Gambar Unggulan. Tinggal klik Tambahkan Media saja seperti tips sebelumnya.

Nah, kalau selama ini loe merasa salah upload tapi gambar loe semua tetap muncul … itu karena Mimin yang baik hati ini masih memaklumi dan bersedia menyunting tulisan kalian. Duh, jangan begitu ah! Goodwriters kan lebihΒ smart daripada Mimin. Hiks. Mimin nangis bawang nih!

5. Cara upload Gambar Unggulan

Ketika elo sedang nulis, scroll aja terus ke bawah sampai muncul tulisan seperti ini:

Setelah itu, tinggal ikuti step selanjutnya, deh!

Udah, ah. Mimin lelah. Cukup segitu dulu tips dari Mimin. Pusing nggak? Pusing?? Dibilangin jangan disimak!

Eh tapi kalau enggak disimak, dan elo tetap salah memasukkan gambar, ya wajar kalau Mimin belum menerbitkan tulisan elo sampai sekarang.

Sebelum-sebelumnya, Mimin masih memaklumi kok, tapi mulai tulisan ini dipost, Mimin akan lebih ketat lagi menyaring tulisan loe semua.

Kalau ada pertanyaan, silakan nyolot di bawah! Tapi nyolotnya sopan, ya.

Hehehe. Tegang amat. Selow ah!

Bye. Selamat memperbaiki diri.

Keterangan: semua gambar Mimin selain gambar utama, dokumen pribadi Mimin, ya

19 KOMENTAR

  1. Sering2 Min buat beginian. Biar jadi bahan pelajaran agar gak tersesat saat eksplore dunia Penakata. Hihi. Kalau bisa mimin aja yang khusus buat seperti ini. User gak usa ikut2an wahaha. Nanti jadinya ribet. Disangka mimin juga. Wahaha πŸ˜†πŸ˜‚πŸƒ