www.pixabay.com/geralt

The Experiment kedengaran rumit tapi menarik untuk diulik. Seolah seperti seorang Chemist yang ingin melakukan sebuah percobaan bagaimana mereaksikan senyawa menghasilkan sebuah produk reaktan. Itu baru dari sudut pandang ilmu kimia. Nah, bagaimana dengan bidang-bidang lain?

Pertama kita cari tahu dulu apa itu The Experiment. Kalau diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya uji coba, Menurut Wikipedia adalah suatu set tindakan dan pengamatan, yang dilakukan untuk mengecek atau menyalahkan hipotesis atau mengenali hubungan sebab akibat antara gejala. Tidak perlu bingung-bingung memahaminya. Yang jelas kalau kamu melakukan sesuatu yang baru, yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya itulah Eksperimen.

Kalau ditantang sama penakata.com di #ChallengeTime, bagaimana menginterpretasi ilustrasi dari Bang Dina tentang The Experiment, saya ingin berandai-andai. Dan semoga andai-andai ini tidak akan menjadi kenyataan.

“Lihat! Planet itu Sekarang Merah Juga!”

Tata surya berpacu seperti mesin abadi dalam galaksi mengikuti fisika Tuhan. Deretan planet yang mempunyai ciri dan isu mengenai makhluk yang tinggal di dalamnya. Bumi yang sering disebut dengan Planet Biru merupakan salah satu  planet kebumian dengan jutaan jenis makhluk yang mampu bertahan hidup di dalamnya. Bumi telah terbentuk lebih dari 4,5 Milyar tahun lalu. Bayangkan usia setua itu Bumi akan bertahan berapa lama lagi bisa menampung kehidupan?

Isu menyambut generasi Revolusi Industri 4.0 semakin berderap. Kehidupan yang semakin dipaksa mengikuti perkembangan teknologi membuat manusia terpuruk. Mengapa bisa demikian?

Raksasa teknologi seperti Amerika dan China saja sudah mulai bersaing menggembar – gemborkan trend inovasi. Mereka bersaing ketat memamerkan teknologi terbaik dan saling memboikot produk barang dari negara lawan. Hanya sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi yang dipertahankan. Sisanya akan tersisih sebagai pengguna. Siapa pengguna itu? Ya, kita ini seluruh manusia di bumi yang tidak bisa ikut bersaing atau memiliki mutu SDM rendah. Dampaknya adalah kita diperbudak dan sebagai sasaran uji coba para penguasa. We’re victims of the experiment.

Pernahkah membayangkan Bumi yang kita naungi semakin penuh dengan sampah-sampah teknologi. Mulai dari bongkahan alat-alat canggih yang harus segera diganti dengan yang terbaru, sampai pencemaran radiasi gelombang radioaktif yang merusak isi Bumi. Ekosistem rusak bahkan punah. Manusia dibenturkan dengan robot-robot buatan manusia sendiri dengan kecerdasan buatan yang lebih tinggi dari intelegensi manusia normal.

Lalu mau apa kita setelah ini? Pindah ke planet lainkah membuat kehidupan baru selayaknya Adam dihidupkan? atau membuat jembatan antar planet untuk mengekspansi revolusi industri yang tiada henti. Mungkin sampai planet lain memerah seperti Mars dan ditemukan peranakan manusia dan makhluk planet lain… Lol.

Ya, itulah sekelumit ketakutan yang saya bayangkan dari ilustrasi berjudul The Experiment dari Bang Dina di #ChallengeTime berjudul The Experiment. Tidak menangpun tidak apa-apa. Asal tulisan saya setidaknya bisa dibaca sampai selesai.. hehehe.

Salam Love Earth

18 KOMENTAR