Pixabay/StockSnap

Apakah cowokmu memiliki salah satu kriteria di bawah ini?

Kriteria berharga bagi setiap orang sudah pasti berbeda, ada banyak hal yang membuat cewek jatuh cinta kepada lawan jenisnya. Bukan karena cowok itu memiliki banyak kelebihan atau menarik secara fisik.

Sifat-sifat atau karakter yang dimiliki seorang cowok bisa menjadi alasan buat cewek untuk melabuhkan cintanya pada si cowok. Bahkan, hal-hal sederhana yang dimiliki seorang cowok pun bisa menjadi sesuatu yang layak untuk disebut berharga sehingga seorang cewek memilih si cowok sebagai kekasihnya.

Nah, beberapa kriteria cowok di bawah ini sukses membuat seorang cewek sulit berpaling hati kepada cowok lain. Mungkin salah satu kriteria di bawah ini adalah alasan yang membuat kamu mencintai cowokmu.

1. Dia mencintaimu dengan tulus tanpa alasan apa pun

Pixabay/Free-Photos

Filosofi bahwa cinta itu tanpa syarat berlaku di sini. Tidak bisa kamu pungkiri kalau banyak cowok yang “terpaksa” menjalin hubungan kasih karena alasan tertentu. Ada yang mencintaimu karena alasan materi, fisik, tidak mau hidup sendiri, atau mungkin juga suatu kebanggaan karena bisa memacarimu yang populer di sekolah, kampus, atau tempat kerja.

Jadi, bersyukur dan berbahagialah bila kamu mendapatkan kekasih yang benar-benar menyayangimu tanpa ada embel-embel apa pun. Tanpa ada alasan tertentu yang membuat kamu sakit hati bila mengetahuinya.

2. Jujur dan setia

Pixabay/StockSnap

Kejujuran adalah syarat utama sebuah hubungan kasih. Bila cowokmu menganggap remeh hal ini, lebih baik akhiri saja hubunganmu dengan dia. Cowok yang jujur akan bertindak sesuai dengan kata hati serta apa yang ada di pikirannya. Dia akan setia dengan komitmen yang telah kalian sepakati bersama.

Sekalipun dia sudah tidak mencintaimu lagi, dia memilih untuk berterus terang. Ya, meskipun buatmu kenyataan itu akan terasa menyakitkan. Daripada cowokmu main belakang dan mengkhianatimu, ini lebih menyakitkan.

3. Selalu berusaha memperbaiki diri

Pixabay/AdinaVoicu

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Demikian juga dengan cowokmu. Mungkin cowokmu punya kebiasaan buruk atau kekurangan yang kerap membuat kamu kesal dan kecewa sehingga kerap memicu pergesekan atau pertengkaran kecil di antara kalian. Hal semacam ini jangan kamu anggap sepele, ya?

Namun, jika cowokmu memiliki kesadaran diri untuk berubah dan berusaha menjadi lebih baik demi kelanggengan hubungan kalian, dia layak kamu pertahankan.

Cowok yang memiliki kesadaran untuk memperbaiki dirinya menjadi lebih baik adalah cowok yang peduli denganmu. Dia tahu bahwa kekurangan atau kebiasaan buruknya itu bisa menimbulkan “percikan api” atau “pergesekan” yang bisa membahayakan hubungan kalian. Dia menyadari bahwa kamu dan hubungan kalian sangat berharga untuk dibawa ke arah yang lebih baik dan serius.

4. Selalu berusaha membuatmu bahagia

Pixabay/StockSnap

Sebuah hubungan bisa dibilang sehat bila di antara kalian tidak menyimpan unek-unek. Segala hal bisa kalian selesaikan bersama tanpa emosi dan kecurigaan. Bila cowokmu lebih sering membuatmu kecewa dan menangis, cowokmu bukan kekasih yang berharga dan tak layak kamu pertahankan.

Kekasih yang baik adalah kekasih yang selalu berusaha membuatmu tersenyum bahagia. Yang mampu memancarkan aura positif dalam hari-harimu dan menularkan kebahagiaan itu kepada orang-orang di sekitarmu.

5. Membawa pengaruh positif buatmu

Pixabay/AdinaVoicu

Bila selama menjalin hubungan dengan cowokmu banyak perubahan ke arah positif yang terjadi padamu, sudah bisa dipastikan kalau cowokmu kekasih yang berharga dan sangat layak kamu pertahankan.

Mungkin, kamu yang dulunya tidak peduli dengan keluargamu dan pemarah, berubah menjadi sosok yang perhatian dan penyabar. Kamu juga mulai peduli dengan masa depanmu, rajin belajar, dan berubah menjadi orang yang lebih baik serta optimis dalam menjalani hidupmu.

Nah, apakah cowokmu memiliki kriteria seperti disebut di atas?[A]

25 KOMENTAR

    • Yang tahu Abang berharga atau tidak untuk seseorang, hanya Abang sendiri yang tahu. Kalau Abang merasa diri Abang tidak berharga, buatlah diri Abang berharga. *Heeemmm … mengapa yang komen pada curcol pribadi nih? ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฑ

      Ujian apa, Bang? Ujian negara atau ujian nasional? Wkwwk. Kalau soal ujian dalam mempertahankan sebuah hubungan yang serius, enggak ikutan ah. Hahaha, tanya pada pakarnya saja.๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

  1. Kriteria itu terlalu sempurna Kak Ana. Paling penting adalah poin nomor dua ๐Ÿ˜‚. Kamu yakin cowo itu chat cuma ke satu cewek ๐Ÿ˜‚. I’m not sure wkwwkk. Balik ke quote yang di tulisanku itu Kak. Yang penting seberapa sering bertahan untuk lawan jenis ๐Ÿ˜Ž. Naluri laki-laki pastilah suka visualisasi perempuan sifat player-nya pasti ada.

    • Kriteria di atas tidak sempurna, Ibbon. Terlalu biasa dan sederhana. Dari paragraf pertama saja sudah aku sebut. Kalau yang sempurna itu misalnya, tajir, punya stasus sosial yang oke, berpendidikan tinggi, tampan, baik hati dan tidak sombong, setia, pengertian, bibit bobot, dan bebetnya tidak diragukan, dan banyak lagi. Aku tekankan, salah satu saja loh, Bon. Ah, Ibbon, ada apa dengan hatimu? *Menulis, Bon, menulis, ayolah kamu ungkapkan dalam tulisan. Biar kanu lega. Jangan nonton UTube terus. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜Š

      Eh, Ibbon kok bahas chat. Chat ke siapa nih? Wah, curcol lagi nih! Namun, aku tahu mengarah pada siapa nih. Wkwkwkwk. Kalau yang ada di kepala Ibbon sama dengan di kepalaku, jangan khawatir, aku sudah tahu dari awal kenal. Aku selalu detail hal itu, Bon. Namanya lingkaran pertemanan, sudah pastilah terhubung ke banyak orang. Tinggal bagaimana kita menyikapinya, Bon. Pokoknya, jangan dibawa baper saja deh. Cowok yang belum terikat sih bebas saja tuh. Karena itu, cewek sendirilah yang harus bisa menjaga hatinya. Jangan terbuai oleh kata-kta manis, sanjung, dan pujian yang melambungkan angan dan asamu. Kalau terjatuh, sakitnya tak tertahankan tuh. Jangan sampai mengacaukan hidup kamu deh. Rugi banget kalau kamu melakukan hal itu, Bon. *Ah, aku ingat juga dengan tulisan Ibbon tentang melepaskan yang akan membuat hatimu tenang. Lakukan itu. Wkwkwk. Aku selalu baca dan ingat tulisanmu, Bon. Aku kok jadi bahas gini. Sekadar menghibur dan bikin semangat Ibbon saja. Jangan marah, ya Bon? ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜‚

      Oya, aku cuma chat dengan Alfian, Om Bayu, dan Bang Jun saja kok. Tiga orang yang aku kenal di komunitas menulis dan kami masih saling kasih dukungan dan semangat dengan hobi kami. Enggak masalah ‘kan, Bon? Tiga nama itu tidak bermasalah kok. Sampai sekarang, pertemanan kami masih baik-baik saja. *Untuk tiga nama yang aku colek, maafkan. Namun, aku tidak terima protes kalian karena namanya aku catut. Hahaha. Kalau protes, aku blokir loh. *Bercanda ah. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Pagi, Bon. Di kotaku cerah. Hari dan hatiku pun cerah. Kuharap Ibbon juga merasakan hal yang sama. ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

  2. tajir, punya stasus sosial yang oke, berpendidikan tinggi, tampan, baik hati dan tidak sombong, setia, pengertian, bibit bobot, dan bebetnya tidak diragukan, rajin beribadah juga ๐Ÿ˜‚. Kalau ada yg kaya gini comotin satu ๐Ÿ˜.
    Aku pun juga chat enggak hanya dengan satu cowok kok ๐Ÿ˜‚ dan semuanya teman. 3 nama itu I know semua tidak masalah.
    Aku enggak pernah tersanjung dengan pujian, kata-kata manis apalagi rayuan tanpa bukti nyata#noted…….
    Soalnya udah gak asing buatku kak ๐Ÿ˜..
    Sekian dan terimakasih.

    • Ibbon, cowok yang rajin beribadah belum tentu juga punya semua kriteria yang aku sebut. Namun, kalau cowok yang baik menurut ajaran agama dan norma yang berlaku, pastinya dia sosok yang beriman dan hidup di jalan yang benar. *Peace ah, semua bebas berkomentar. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‰

      Bon, kalau tiga nama di atas enggak aku pandang sebagai cowok, tetapi teman dan sosok yang baik dengan karakter mereka masing-masing. Hehehe. Mau titip salam dengan dengan mereka? ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜†๐Ÿ˜„

      Bon, aku suka dengan kalimat bijak ini. Suka banget.

      ๐ŸŒธ When someone left you, do not cry because that is the message that you’re going to get a better one ๐ŸŒธ

      ** Aku kasih buat mengawali hari sosok hamster yang kukenal di komunitas sebelumnya. Semangat, tetap semangat, selalu semangat! ๐Ÿ˜˜

  3. Namun, kalau cowok yang baik menurut ajaran agama dan norma yang berlaku, pastinya dia sosok yang beriman dan hidup di jalan yang benar. Betull setuju dengan ini Kak belum tentu yang rajin beribadah tahu norma dalam ajaran agama ๐Ÿ˜‚.

    Boleh titip salam buat Om bay, Alfian dan Om Jun.

    When someone left you, do not cry because that is the message that youโ€™re going to get a better one.

    Betull Kak setiap yang pergi insyaalloh akan digantikan dengan yang lebih baik lagi.
    Bukan dia yg meninggalkanku sebetulnya Kak, kalau aku yang memang menyuruhnya pergi wkwkkw. Ini melegakan buatku ๐Ÿ˜๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡.

    • Noted. Aku akan mengingat kata-kata kamu dengan baik, Bon, bahwa kamu yang menyuruhnya pergi. Kuharap kamu memang baik-baik saja, selalu baik-baik saja sehingga tidak ada komentar yang membahas tentang hari usang yang telah berlalu. Hehehehe. *Serius kamu ada hubungan dengan dia? Maksudnya kalian memang jadian? Ampun, Bon, aku suka bingung dengan berita yang beredar? ๐Ÿ™„๐Ÿ˜‰ Wah wah, aku enggak ikutan ah. Eh, jadi teringat surat terbuka itu jadinya. Wkwkwkkw. Maafkan aku yang menyebalkan ini. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‚

      Oya, kalau aku di posisi kamu, aku lebih memilih menepi, Bon. Pokoknya, supaya aku enggak merasa terluka, aku memilih enggak terhubung lagi dengan dia. Enggak mau tahu kabar apa pun tentang dia. Semua akun medsos yang menghubungkan aku dengan dia juga aku putus deh. Masalahnya, ngapain juga aku tahu tentang dia dan enggak peduli dengan diriku sendiri. Itu sama dengan cari penyakit, Bon. Sama dengan menyakiti diri kita sendiri. Itu aku loh. Yang lain bebas. *Maaf, Bon, aku lebih memilih fokus dengan diriku sendiri dan kebahagiaanku daripada memikirkan hidup orang lain. Wih, keren, ya aku? Ana gitu loh! ๐Ÿ‘ป๐Ÿ‘ป

      ** Ah, sudah ngantuk nih. Sambil dengar “Perfect” dan “Fight Song” di ponselku. Aku kasih lagu Labrinth buat kamu, Bon. Aku mau dengar yang versi Billy dan Agnez Mo ah.๐ŸŽถ๐ŸŽถ

  4. Semua orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing ya, Kak. Cuma kadang letak poin plus dan minusnya itu lain-lain, kalau ditelisik satu-satu bisa jadi panjang. Tapi saling mengenal itu juga penting, pun jadi tahu harus seperti apa aku menanggapi sifat dan karakter cowok tersebut.

    Kalau aku pribadi sih lebih suka cowok yang membebaskan aja. Karena nomer satu dalam relationship itu komitmen, komitmen di atas kata cinta. Bukan cinta dulu baru komitmen.

    Kenapa begitu? Komitmen itu garis yang akan tetap lurus dan selaras dengan cinta, kejujuran, kepercayaan, saling memahami dan mengerti.

    Kalau mendahulukan cinta, belum tentu komitmen itu selaras adanya. Why? Cinta itu merujuk keegoisan mengklaim milik, terkadang buta memandang perbedaan, atas alasan cinta sering jadi tidak percaya, demi cinta pula kadang pasangan dituntut untuk menjadi lebih baik bukan menjadi diri sendiri yang lebih baik.

    Cowok itu gampang dicari sebenernya, tapi yang cowok mau bergandengan dengan kepercayaan dan kejujuran penuh itu sulit. *Bagiku pribadi sih ini.

    Aduh, komenku jadi panjang bet kek kereta api ya, Kak. Wkwkwk maafken, jadi pengen ngoceh baca tulisan Kak Ana yang ini. *Ketularan Kak Ana juga mungkin. ๐Ÿ˜„๐ŸคฃโœŒ๏ธ

    • Paragraf 1, aku setuju. Terutama saling mengenal dan memahami karakter masing-masing pasangannya. ๐Ÿ˜

      Paragraf 2, komitmen memang dasar utama dari sebuah hubungan. Bentuk tanggung jawab yang disepakati bersama. Namun, cinta juga punya andil untuk kita bisa memutuskan mau dibawa ke mana hubungan kita … eh, kok mendadak nyanyi. Wkwkwk.๐Ÿ˜Š

      Paragraf 3, aku setuju. Sangat setuju dan benar-benar setuju. Parahnya, cowok yang enggak serius susah untuk berkomitmen. Kadang asal ucap saja. Buktinya, banyak yang selingkuh dan cerai tuh. Peace ah, hanya pendapatku saja berdasarkan fakta juga sih. ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜˜

      Paragraf 4, aku tetap pada pendapatku di paragraf 2. Tanpa saling mengenal dulu rasanya sulit untuk berkomitmen. Selalu ada percikan cinta yang mbeyertainya. *Wih, aku kok berasa pakar abal-abal nih. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Definisi cinta memang banyak. Termasuk yang tertulis pada paragraf 4 ini. Sebaiknya perubahan bukan karena tuntutan, tetapi karena kesadaran pasangan itu untuk berubah menjadi lebih baik.

      Paragraf 5, jawabannya ada pada jawabanku di paragraf 3 tuh. Cowoknya yang sulit serius dan enggan berkomitmen. Wkwkwk. Huuuaaa, mengapa bahas kayak ginian? Kenyang aku baca artikel kayak ginian. Hahaaha.๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜‚

      ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Selama bukan penyakit, aku rasa enggak masalah. Aku suka dwngan uang suka ngoceh, asal enggak absurd. Hehehe. ๐Ÿ˜Š

      **Baca cerbungnya besok pagi saja, ya? Mataku sudah berat. Hiks. Eh, sekarang sudah dini hari. Kepalaku rasanya kosong. ๐Ÿ˜

  5. ๐Ÿ˜ curcol kayanya nih ๐Ÿ™Š. Otakku masih terkoneksi dengan winrar ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ˜ฉ. Siapa yang mau diajak berkomitmen sama Kak yuke hihiii piss damai aku sibuk asli sibuk ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚โœŒโœŒโœŒโœŒ

    • Lah, siapa yang curcol Kak Ibbon? Aku cuma mengutarakan sudut pandang dan pendapatku aja kok.

      Lebih curcol mana dibanding menyinggung contoh chat dengan perempuan lain. Hahahaa sebelum menunjuk, cermati dulu kalimat sendiri, Kak. ๐Ÿคฃ๐ŸคฃโœŒ๏ธโœŒ๏ธ

      • ๐Ÿ˜… apakah aku curcol juga ya ๐Ÿค”๐Ÿ˜. Itu umum semua orang pasti chat tidak hanya dengan satu orang itu namanya membebaskan bukan mengekang wkkk. Yang terpenting memanglah komitmen dan saling menjaga kepercayaan. Pria itu suka sistem tebar jaring itu menurut yang aku baca. Semua kembali pada si pria itu yang berhak memilih dan menentukan…

      • ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Sumpah, izinkan aku ngakak dan nangis bombai. Hiks. ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ.

        Jangan berkelahi di kolom komentar tulisanku. Duh, ini komen sudah diprotes Nemoo karena lebih panjang dari artikelnya. Wkwkwk.๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

    • Karena aku tidak mengharapkan dia maka dari itu aku memilihnya untuk pergi ๐Ÿ˜. Ternyata melepaskan itu melegakan ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜Œ. Pakai ditahan segala wkkkkk. Bukan aku yg menahan tapi dia ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Ah, Kak Ana aku tahu kok. Aku pun juga suka jadi pilihan ๐Ÿ™Š๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Mungkin bagi yang tak mengenal kita dengan baik akan memandang kita dari sudut yang berbeda.
      Terima kasih ini curcol mode offline hihii.

      • Bukan kita, Bon. Aku enggak ikutan.Ish, jangan sangkut pautkan namaku dengan kisah kamu, Bon. Aku enggak tahu apa-apa dan enggak mau tahu serta terlibat juga ah. ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜‘

        Kalau yang kamu maksud itu seseorang yang aku kenal (jika benar isi kepala kita sama), aku hanya tahu dan kenal dia sebagai sosok yang baik dan kami tetap baik-baik saja, terlepas dari kekurangan dan kelebihannya. Manusiawi kok. Enggak ada satu pun manusia yang sempurna. Apa pun penilaian Ibbon tentang dia, aku punya penilaian sendiri. Aku punya kesan sendiri. Yang diam dan selalu mengalah itu tidak selamanya orang yang salah. Diam juga memang enggak selamanya benar. Harus ada pembelaan diri dan sedikitnya melakukan perlawanan. Karakter juga berpengaruh. Isi kepalaku tidak terpengaruh oleh omongan orang. Wkwk, maafkan.*Tolooooonnnggg … aku hanya ingin menulis dan produktif, meskipun susah banget untuk melakukannya.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

        *Oya, aku memutuskan untuk tidak bahas hal kayak ginian lagi. Wkwkwk. Kuharap kamu juga, Bon. Kayaknya aku jahat banget deh membicarakan orang lain di belakangnya. Maafkan. Hiks.๐Ÿ˜ฅ๐Ÿ˜ข

        • ๐Ÿ˜… bukan ngomongin dia banyak kasusnya. Dia siapa juga enggak tahu. Semangat menulis buat Kak Ana dan menulis yang baik di Penakata. Tulisanmu itu keren baik artikel maupun story. Good luck Kak Ana bersama Penakata ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž.
          Sejujurnya aku juga sibuk ๐Ÿ˜. Baiklah aku hiatus menulis dulu ๐Ÿ™๐Ÿ™.

          • Ish, Ibbon berdalih sibuk. Apa pun itu, aku rasa Ibbon memang harus menepi sejenak. Jangan menyakiti diri sendiri, Bon. Kamu juga berhak bahagia. Fokuslah dengan kebahagiaan diri kamu. Jangan terpengaruh kebahagiaan orang lain bila itu menyakitkan buat kamu. Hai, percayalah, aku memahami perasaan kamu. Menjauhlah dan kubur kenangan tentang dia yang entah itu siapa. Hanya kamu yang tahu. Saranku, jangan pernah stalking akun atau mau tahu semua tentang dia. Jangan lakukan itu, Bon. Kamu akan terluka. Kamu punya keluarga, ortu, kakak dan adik yang akan selalu peduli dengan kamu. Mereka pasti menginginkan yang terbaik buat kamu. *Aku pernah bahas hal ini dalam dua artikelku. ๐Ÿ˜˜

            Baiklah, selamat hiatus. Ingat, jangan mekukai diri sendiri hanya karena sesuatu yang enggak pasti dan enggak bisa kamu raih juga. Inginku, kamu baik-baik saja, Bon. Tetap semangat. Ketika kamu kembali nanti, ebtah kapan, kamu pasti punya banyak kisah yang akan kamu tuangkan dalam tulisan. Lakukan itu. *Ish, aku merasa kayak menulis artikel nih. Wkwkkw. Maafkan semua kata-kataku yang selalu menyebalkan ini. Jangan pernah membenciku, Bon. Dengan alasan apa pun.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

        • Tolong ijinkan aku jangan main medsos atau platform yang menyerupai medsos itu amat sangat mengganggu fokusku pada kesibukanku ini ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ๐Ÿ™ˆ. Duh, minta tolong admin mungkin ya utk menonaktifkan akun ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Semoga dipenuhi Aamiin ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™. See you later……..๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

  6. Wow. Untung baca artikel dan komentar-komentarnya sambil sahur. Jadi bisa minum wkwkwk

    Ini berasa Kak Ana ngepost komentar, dikomen oleh tulisan (?)

    Tips dari Kak Ana ini bagiku udah lebih dari cukup. Karena tiap poin artinya luas hehehe. Makasih Kak Ana ๐Ÿ˜˜ ini nulisnya berdasarkan pengalaman atau gimana nih? Wkwk

    Bagiku, semua itu intinya satu. Cocok. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‡ (Semoga dimudahkan menemukan yang cocok bagiku, bagi dia, dan terutama bagi Tuhan ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿƒ)

    Ah, ngomongin cinta, lawan jenis, dan perasaan memang gak ada habisnya.

    Perfecto, Kak ๐Ÿ‘Œ

    • ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Soalnya, baca komen si sini bikin haus, ya? Aku maklumi kalau utu terjadi. Aku yang baca ulang juga mendadak penibg dan kering nih tenggorokan. Hahaha, duh, tobat aku!๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Pengalaman dari banyak membaca dan bikin fiksi. Hahahaa, ngakak aku. Wkkwkw. ๐Ÿ˜‰

      Kayaknya yang sesuai rencana Tuhan yang terbaik, bukan? Wih, semua pada curcol pribadi. *tepuk jidak๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ต

      Cinta memang menguras hati, perasaan, pikiran, dan isi dompet juga kayaknya. Huuuuaaaaa, mengapa yang baca tulisanku banyak curcol? ๐Ÿ˜Œ๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜‚