Sumber: pixabay.com

Haii good thinkers and good writers Penakata, ada yang suka nonton pertandingan sepak bola tidak? Kalau ada, berarti kita samaan. Soalnya aku suka nonton, pertandingan manapun itu terlebih sepakbola Liga Indonesia, sedang berusaha jadi warga negara yang baik dengan mencintai apa yang dipunya negara kita. Iya enggak sih?

Buat kamu yang mungkin suka nonton, yang belum, atau yang enggak suka nonton. Mungkin setelah ini bakal berminat sama dunia olahraga, yakin deh nggak kalah seru dari nonton drama Asia.

Berikut beberapa fakta unik seputar laga final liga Champions, tanggal 2 Juni mendatang. Apa sajakah itu:

1. Champions league rasa Barclays
Kurasa enggak salah kalau kubilang gitu, soalnya yang bakal tanding nanti dua klub asal Inggris, Liverpool kontra Tottenham Hotspur. Kedua klub punya nama besar di negara asalnya, pun perjuangan mereka untuk sampai di laga puncak tidaklah mudah.

Tampaknya memang, olahraga Inggris sedang dinaungi Dewi Fortuna. Liga Champions rasa Barclays ini, aku yakin akan menyuguhkan permainan yang sayang banget buat dilewatkan. Apalagi sudah lama dua klub Inggris tidak bertemu di partai final. Sedang dalam lima tahun belakangan kalau tidak salah, dua kali laga puncak liga Champions rasa La Liga Espanya alias dua klub asal Spanyol yang memperebutkan gelar. Berbeda dengan Inggris, klub asal Spanyol lebih banyak main cantik, langkah menyerang lebih halus dan tidak terburu-buru.

Balik lagi ke laga final yang masih tiga minggu lagi. Baik The Reds atau Spurs, punya kekuatan dan tempo permainan yang dinamis. Jujur aku suka keduanya, meski enggak termasuk fans kedua klub itu.

2. Liverpool dan Tottenham Hotspur, keduanya lolos semifinal dengan kemenangan dramatis

Pertama aku akan bahas Liverpool yang kalah agregat dari Barcelona 0:3 di leg pertama. Sedang leg kedua memperebutkan tiket ke final membuat riuh stadion Anfield, kandang Liverpool.

Skor 3:0 leg kedua digenggam oleh Liverpool, bertahan cukup lama sampai menit-menit terakhir. Tentu Liverpool butuh gol tambahan, mengingat mereka masih imbang dalam skor, karena sebelumnya kalah dengan skor yang sama. Sampai akhirnya satu gol melesak ke gawang Barcelona. Voilaaa kemenangan 4:0 diraih Liverpool.

Kedua, Tottenham Hotspur lawan yang tidak bisa dianggap enteng oleh Liverpool. Sama seperti Liverpool, Spurs kalah di leg pertama, agregat 0:1. Hal ini kurang menguntungkan, sebab leg kedua Spurs bermain tandang. Tekanan mental pasti jauh lebih berat. Tetapi yang kulihat, hal itu tidak mengurangi semangat Lucas dkk untuk bermain penuh semangat dan terus menyerang.

Sempat kalah dua poin, tak membuat pemain Spurs patah semangat. Mereka akhirnya bisa menyamakan kedudukan jadi 2:2, bertahan sampai hampir usai babak kedua. Aku yang ngemil setelah makan sahur udah gereget sendiri, selalu enggak suka kalau ada tambahan waktu dan berujung adu tendangan bebas. Bawaannya ikut gemes.

Siapa sangka di menit terakhir, benar-benar menit terakhir, satu gol tambahan membobol gawang Ajax. Tendangan lurus menyamping melesak tidak terlalu kencang, sayangnya tidak mampu dihalau oleh keeper Ajax. Pertandingan usai, skor imbang on agregat 3:3 tetap meloloskan Tottenham Hotspur sebab menang agresivitas gol tandang. *Aku sampai teriak sendiri, nonton sendiri pula. Asli, gol-nya cantik banget, mirip movie-movie yang sering membuat kemenangan protagonis jadi dramatis.

3. Final tanpa ada nama Ronaldo atau Messi

Sejak tahun 2013-2014, setiap laga final selalu ada nama salah satu dari kedua pemain besar itu. Kalau enggak Ronaldo ya Messi. Entah aku yang aneh atau gimana, rasanya sudah kurang menarik tiap tahun ada nama mereka. Mungkin karena terlalu sering membawa klub masing-masing meraih tropi juara, jadi enggak ada angin segar.

Tetapi, taun ini akan ada wajah baru mendapat gelar pemain terbaik. *Aku excited siapakah dia nanti.

4. Madrid akan jadi saksi juara
Pertandingan puncak memperebutkan tropi juara, bertempat di stadion Wanda, markas besar Atletico Madrid. Stadion yang mampu menampung 68.000 penonton ini akan menjadi saksi lahirnya juara Liga Champions musim ini.

Buat yang suka nonton bola, pasti kamu enggak sabar juga nunggu tanggal 2 Juni nanti. Buat yang kurang berminat, atau malah enggak paham. Coba deh nonton, enggak ada salahnya juga kan nonton pertandingan sambil makan sahur.

Seperti sudah kusinggung di paragraf awal-awal, klub asal Inggris sedang merajai puncak liga. Di postingan selanjutnya bakal ada ulasan salah satu klub favorit aku yang keeper-nya ganteng banget. Bukan apa-apa, karena klub kesukaanku, juga tengah menanti laga puncak di liga Eropa yang berbeda.

Ssstt temenku banyak yang jago Liverpool, kalau aku ditanya suka bilang enggak milih. Padahal, aku lebih condong ke Spurs. Wkwkwk kalau kamu, lebih menjagokan siapa?

Akhir kata, sekian dan semoga bermanfaat.

Salam Olahraga

Yuke
10 Mei 2019

12 KOMENTAR

  1. 😱😱😱 Aku kagum sekali dengan cewek yang gila nonton sepak bola. Aku enggak terlalu, bahkan boleh dibilang enggak tertarik menonton pertandingan sepak bola. Pernah nonton sekali bareng teman-teman waktu final piala dunia kayaknya. Wkwkwk. Itu memang seru banget. Pengalaman pertama dan.terakhir. Wkwkwkw.😂😂😂

    Menulis apa yang kita sukai rasanya menyenangkan, ya? 😍

    • Anehkah cewek suka nonton pertandingan sepak bola? Wkwkwk

      Soalnya, aku suka banget, Kak. Udah jadi bola mania sejak bangku SD. Masih ingat masa-masa kejayaan veteran yang sekarang udah pada alih profesi. Seperti Ronaldinho, Kaka, Inzaghi, Totti, Buffon, dll, masih banyak lagi dah.

      Aku mengikuti setiap liga, terutama Barclays England, Serie-A Italia dan La Liga Espanya, Liga Jerman baru-baru ini juga ngikutin sih. Soalnya idola aku pindah Paris Saint-Germain setelah hengkang dari Juve. *Sedih banget dah 😭 padahal dia loyal banget ke Juventus. Tapi dilepas setelah 21 taun merumput bersama.

      Ueehh ini aku jadi excited kalau ngomongin sepak bola. 🤣🤣🤣 Yup Kak, menulis apa yang disukai itu rasanya seneng banget. Maafken kalau bikin Kak Ana puyeng baca balasan komenku.

      Nanti bolehlah, sesekali nonton lagi, Kak. Dijamin seruuuu 😄

  2. Kok nanya lagi, yo emang gak paham 😭😆😂

    Hiya, zaman dulu bnget tu kak, Haha. Aku bising kalau nonton bola. Mamakku lagi kak, lebih2😌

    Buat seru2an aja sih. Haha. Gak rela dan sering kepikirannya gk abis2 aku kadang kalau jagoanku gk menang. Males jadinya ngikutin bola. Haha.