sumber: unsplash.com/nickmorrison

Menulis memang membutuhkan inspirasi. Kadang ide-ide menulis muncul tiba-tiba dan beterbangan di kepala, kadang pula ia tidak pernah muncul meski kita memutar otak sekeras mungkin. Mirip doi yang nggak muncul-muncul kalau ditunggu. Eh.

Apalagi kalau weekend begini, ya ‘kan? Inginnya me-time saja untuk mengembalikan semangat ketika Senin tiba nanti. Ah ya, buat kamu yang weekend tetap bekerja, semangat terus, ya! Libur akan tiba suatu hari nanti. Senyumin aja.

Tapi buat kamu yang suka ngetik alias hobi nulis, katanya nggak ada kata libur lho dalam menulis. Mau weekend, mau tanggal merah, hijau, atau biru sekalipun, writing must go on! Nah, beberapa hal di bawah ini bisa kita lakukan untuk mencari inspirasi menulis sekaligus me-time di akhir pekan. Yuk coba, mana tau cocok!

“The wonderful thing about writing is that there is always a blank page waiting. The terrifying thing about writing is that there is always a blank page waiting.” – JK Rowling

  1. Membaca buku
sumber: unspalsh.com/Anete Lūsiņa

Apa list buku yang akan kamu baca minggu ini? Belum ada? Cari deh. Akhir pekan begini kamu akan lebih rileks untuk membaca buku. Selain menghilangkan penat, kamu juga akan mendapatkan inspirasi-inspirasi yang bisa dijadikan bahan menulis. Tidak harus buku, baca-baca artikel online, misalnya di penakata.com juga tak kalah menarik. Dan nggak cuma inspirasi yang kita dapat, tapi juga kosakata-kosakata baru. Tulisan orang lain juga akan membuat otak kita lebih terbuka dan lebih kritis untuk berpikir. Perbendaharaan kata kita dalam menulis pun bisa  semakin oke, nih. Selamat bereksplorasi!

  1. Nonton film
sumber: pixabay.com/Papafox

Tidak harus di bioskop, asal ada  wifi atau kuota, kita juga bisa download atau streaming film online. Nonton film bersama teman atau keluarga juga seru. Selain itu, kita juga bisa menggali ide-ide untuk menulis. Biasanya film mengandung nilai-nilai kehidupan yang menginspirasi dan bagus dijadikan bahan menulis. Kalau kita sudah niat untuk mencari inspirasi, biasanya otak jadi lebih aktif, sehingga nonton film nggak sekadar nonton. Yuk, nonton film apa?

  1. Traveling
sumber: unsplash.com/rawpixel

Ada rencana ke mana minggu ini? Banyak lho sumber-sumber inspirasi menulis dari traveling. Misalnya, kita jadi punya bahan tulisan tentang traveling, seperti ulasan tentang tempat yang kita kunjungi, kejadian-kejadian yang kita alami, bahkan hal-hal tersirat seperti bersyukur, rasa bahagia, rasa lelah. Wes lah, tinggal kita otak-atik jadi tulisan. Bahkan, ketika menikmati tempat yang ‘kita banget’, di situ kadang inspirasi berdatangan. Meskipun cuma di pojokan kamar, anggap aja itu traveling yang menyenangkan.

  1. Tidur
sumber: unsplash.com/Gregory Pappas

Ini sepertinya yang paling seru untuk mengisi akhir pekan. Selain membuat badan fit kembali, otak kita juga lebih fresh. Kalau istirahat cukup, mau menulis ataupun beraktivitas kembali juga lebih semangat. Tapi jangan salah, tidur juga kadang dapat menghadirkan inspirasi untuk menulis. Melalui mimpi misalnya. Setidaknya, dengan tidur otak kita seperti dicharge sebentar supaya bisa kuat untuk menggali inspirasi lagi.

  1. Ngobrol bersama teman
sumber: pixabay.com/5688709

Ngobrol sambil ngopi, ngeteh, atau nyemil sesuka hati ini yang palling seru. Ngobrol bersama teman pun membuat pikiran kita lebih terbuka, lebih kritis, dan membentuk pola pikir yang lebih luas. Misalnya saja sharing masalah dengan teman, maka kita akan lebih banyak diskusi membentuk solusi dari masalah yang kita dapatkan dari beberapa pendapat. Selain itu, ngobrol membuat hati kita lebih lega. Apalagi kalau lagi nyimpen unek-unek, daripada disimpen terus lalu basi. Ya ‘kan? Ngobrol nggak harus dengan teman, sih. Dengan keluarga atau dengan doi juga bisa banget.

  1. Kulineran
sumber: pixabay.com/tragrpx

Nggak harus makanan favorit sih, bolehlah sekali-sekali nyicip makanan-makanan baru yang belum pernah kita coba. Setidaknya, makan bisa mengembalikan mood kita untuk menulis. Otak juga butuh asupan, gengs, supaya kuat buat mikir. Selain itu, kulineran nggak cuma mengenyangkan, kita juga bisa belajar tentang karakteristik makanan-makanan yang kita coba, filosofi dari proses pembuatannya, kandungan gizinya, banyaklah pokoknya. Masih bilang ini nggak bisa dijadikan bahan menulis? Selamat memutar otak!

Sebenarnya ide menulis bisa kita dapatkan dari mana saja, di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Setiap orang pun punya cara tersendiri untuk me-time sekaligus mencari inspirasi.

Itu baru versiku, kalau versimu gimana? Selamat memutar otak dan menggerakkan jari jemari.

10 KOMENTAR