Instagram/ Anies Baswedan

Author by Sundari Mueeza

Hai Goodreaders. Hari ini Kacaku punya info untuk kamu para pecinta buku. Khususnya untuk Sobat Kacaku yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Yups, betul. Tepat kemarin (Senin, 29/april/2019) bapak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akhirnya meresmikan pasar buku pertama di Jakarta. Namanya JakBook (Buku Murah Setiap Hari).

JakBook berada tepatnya di daerah Pasar Kenari Lama, lantai 3 Jakarta pusat. Ini adalah hasil kerja sama dari Pemprov DKI Jakarta dan PD Pasar Jaya, Sobat.

Instagram/Anies Baswedan

Saya belum menemukan detail info awalnya JakBook ini terbentuk. Namun dari hasil penelusuran, “Jakbook Fair” sendiri sudah ada sejak tahun 2013 silam.

Nah, untuk Sobat Kacaku yang tahu infonya lebih detail tentang sejarah JakBook atau apapun itu tentang buku (mulai dari info, pengalaman, atau bahkan opini) bisa kamu jadikan tulisan kemudian partisipasikan di Kacaku. Ayo dong.

Caranya, kirim saja ke email Kacaku dengan disertakan nama. Kemudian nanti akan mimin unggah tulisanmu di Penakata dan blog Kacaku menyertakan namamu. Seperti tulisan ini yang ditulis langsung oleh saya, Sundari Mueeza.

Kembali lagi ke JakBook. Jadi, yang gak kalah gokilnya, sesuai kata pak Anies, “tujuan dari menghadirkan pasar buku ini adalah untuk membuat harga buku lebih terjangkau di masyarakat. Sebab salah satu unsur yang paling memengaruhi harga buku di Jakarta adalah biaya sewa toko dan distributor.”, ternyata harga buku-buku di Jakbook pun lebih murah 30% dari harga buku di pasar pada umumnya, Sobat. Karena harga sewa toko dan distributor lebih rendah di sini.

Jadi, nunggu apa lagi, kamu yang di Jakarta kudu, harus, wajib datang meramaikan Jakbook tiap hari dengan rajin memborong semua buku-buku yang ada di sana.

Eh tapi, harus pilah-pilih juga deh buku yang berkualitas ya. Jangan asal comot aja mentang-mentang murah meriah. Hehe. Tapi yang terpenting harus dibaca dong ya. Jangan ditumpuk saja setelah dibeli.

Oh ya, di hari peresmiannya, mbak Najwa Shihab selaku duta baca Indonesia juga hadir loh. Lewat video yang ia posting di Instagram pribadinya, mbak Nana tampak sangat antusias sekali memilih buku-buku yang tersedia di sana. Selain murah, ternyata menurutnya buku di sana cukup lengkap dan banyak pilihannya. Bahkan buku berjudul Supernova milik sekelas penulis Dee Lestari pun juga ada loh.

Instagram/Anies Baswedan

Rencananya Jakbook juga akan segera dibuka di 4 tempat lainnya. Yaitu di pasar Perumnas Klender, Bukit Duri, Cilincing dan pasar Kedoya. Ayo berburu informasi. Tulisankan di sini!

Semoga dengan adanya pasar buku ini semakin menambah minat baca masyarakat Jakarta ya, aamiin. Berharap kota-kota lain juga segera mengikuti jejak inspiratif dari Pemprov DKI Jakarta. Mungkin Mebokk, Kalbook atau Banbook?

Referensi :
Instagram/Anis Baswedan
Instagram/Najwa Shihab
Instagram/Jakbook.

_______
Selain Review Buku Yuk dan Quote of The Day, Kacaku juga berharap ada partisipasi tulisan-tulisan luar biasa dari sobat Kacaku tentang Literasi buku ataupun membaca untuk segera meramaikan Penakata dan Kacaku.

Sekaligus dalam rangka memberikan motivasi pada kita semua agar mau terus semangat menyebarkan virus membaca demi terwujudnya harapan besar mencerdaskan anak bangsa melalui buku dan kegiatan membaca. Terima kasih.

6 KOMENTAR

  1. Aku suka banget beli buku kalau ada diskon dan ditumpuk karena enggak sempat bacanya. Wkwkkwk, aku rasa yang hobi menulis kebanyakan seperti aku. Jadi, aku sih nyaman saja. 😊😆

    MeBook = Medan Book
    KalBook = Kalimantan Book
    BanBook = Bandung Book

    Lalu, mana SemBook? Hah! Aku protes. Mengapa kamu mengabaikan Semarang? Why? Mengawhy? Ada sesuatukah? Hai, markas Penakata di Semarang, ‘kan? 😭😭 Wkwkwwk. * Maaf, Ibbon aku mendahuluimu 😂😜

    *Aku suka gayanya Mbak Najwa Shihab. Energik banget. 😍😍😍

    **BaBook sama dengan apa, Mue? Kuharap Kota Bali, bukan diplesetkan menjadi tindakan negatif.😎