www.pixabay.com/kevinking

Kaum Milenial sering diartikan dengan kaum yang hidup di zaman era milenia atau kaum yang lahir antara tahun 1981 hingga tahun 2000. Beberapa survey menyebutkan kaum ini adalah kaum yang akan memberi dampak perubahan besar pada industri dan pergerakan zaman. Hal ini karena ide, agresifitas, serta kreativitas mereka yang tidak pernah ada habis-habisnya. Khususnya pada bidang perekonomian dan bisnis di Indonesia yang setiap tahun semakin meningkat pertumbuhannya. Berikut jenis-jenis pekerjaan para milenial yang bisa kamu ikuti.

1. Blogger atau YouTube-er

www.weheartit.com/madison

Dulu ketika masih sekolah, Guru kita sering menyuruh menulis di buku harian untuk bercerita tentang kegiatan apa saja yang kita lakukan pada hari itu. Semakin berkembangnya media dan teknologi, media bercerita tidak lagi sebatas di atas kertas melainkan melalui media blog website. Customize tulisan dan tema blog sesuai dengan keinginan kita. Bagi yang tidak terlalu bisa menuangkan cerita dengan tulisan, kita bisa juga membuat video blog atau bercerita secara verbal melalui YouTube. Saat ini bahkan kita dibayar hanya dengan bercerita, review suatu produk. Baik dari platform maupun dari pihak ketiga. Keren bukan?

2. Web Developer

www.pixabay.com/Tumisu

Bagi para business starter mereka pasti sudah memahami bagaimana pentingnya sebuah website sebagai rumah untuk memperkenalkan bisnis yang akan dibuat. Profiling dan Branding melalui website adalah cara profesional memulai bisnis. Apalagi Pemerintah membuat Gerakan Nasional 1000 Start Up untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 start-upย yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Hal ini menjadi peluang besar bagi para web developer membangun start-up digital untuk menyokong program pemerintah.

3. Fotografer / Videografer Profesional

www.pixabay.com/splitshire

Kegiatan tangkap dan merekam moment sudah pasti kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari baik secara amatir menggunakan kamera ponsel maupun yang sudah profesional menggunakan kamera berspesifikasi tinggi dan aksesorisnya. Untuk profesi fotografer / videografer tentunya harus memiliki kemampuan dan jam kerja yang tinggi agar bisa mendapatkan kepercayaan orang lain untuk menggunakan jasa kita. Apalagi saat ini semakin banyak tema acara yang dibuat agar semakin berkesan. Contohnya acara pernikahan, bridal shower, baby shower, moment kelahiran, ulang tahun, hingga company profile, dan photo product. Ini menjadi peluang bisnis jasa fotografer / videografer profesional.

4. Fashion / Beauty Consultants

www.pixabay.com/Jo-Johnston

Fashion dan Kecantikan adalah kodrati seorang wanita. Kaum Hawa tidak akan pernah bisa lepas dari hal yang menyangkut kecantikan. Bahkan tidak hanya wanita, para pria pun senang merawat diri dan mempertampan diri. Itu sebabnya beberapa tahun belakangan kontribusi para pengusaha di bidang fashion and beauty semakin pesat. Ditambah dengan adanya beberapa beauty influencer dan fashion consultant yang mempengaruhi semakin banyak bermunculannya merk-merk fashion dan kosmetik baru di Indonesia. Keduanya bersinergi menjadi raksasa perdagangan yang tiada berhenti berputar. Tertarikkah mencoba bisnis di bidang ini?

5. Copy Writer / Translator

www.pixabay.cim/3910743

Seorang copy writer bertugas untuk membuat naskah atau teks yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk ataupun jasa. Pekerjaan ini sangat berbeda dari jasa penulis. Tulisan dalam copywriting tidak harus rinci, yang penting memuat tulisan yang sifatnya persuasif, dan secara efektif dapat membujuk para pembaca atau para calon pembeli.
Demikian halnya dengan Penerjemah. Penerjemah bisa dipekerjakan secara freelance, sambil duduk di rumah. Dapat dibayar per kata sesuai dengan bahasa yang dikuasai sehingga pendapatan dapat bergantung pada kecepatan penerjemahan. Perusahaan penerjemahan spesialis melalui lembaga biasanya lebih memilih staf yang berpengalaman. Jadi tidak ada ruginya jika kita menguasai bahasa asing.

6. Social Media Marketing

www.pixabay.com/geralt

Sosial media merupakan suatu bentuk promosi melalui media digital. Sosial media digunakan untuk membangun keterikatan dengan konsumen,ย untuk memperkenalkan produk atau menjalin komunikasi demi peningkatan mutu pelayanan dan penjualan. Sosial media tersebut menawarkan fitur-fitur menarik dan bahkan dapat menjangkau lebih banyak wilayah dengan waktu yang lebih cepat ketimbang menggunakan media konvensional. Untuk menjadi sosial media marketing tentunya kita harus menguasai dunia media, digital, dan teknologi.

Nah, itu dia beberapa pekerjaan para milenial. Jadi yang mana pekerjaan yang sudah dan ingin kamu coba?

10 KOMENTAR