sumber gambar :instagram/penjajahmakanan

Siapa yang gak kenal dengan Kota Medan? Salah satu kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Selain memiliki beragam budaya yang campur aduk jadi satu dalam satu kota, Medan juga terkenal dengan beragam kulinernya. Di antaranya ada ragam menu sarapan di Kota Medan. Orang Medan gak afdol kalau pagi-pagi gak nyari sarapan. Walau sarapannya entah hapa-hapa saja, yang penting pagi- pagi perut harus terisi.

Meski ada banyak menu sarapan yang wajib kamu cicipi di pagi hari saat berada di Medan, tapi ada beberapa diantaranya paling sering jadi menu pilihan. Apa saja itu? Cek yuk!

Β Lontong Sayur

Sumber gambar : instagram/harianifitri

Pasti sudah tahu dong, apa itu lontong sayur? Kalau di Medan isinya itu ada beberapaΒ  potong lontong yang ditambah tumis mie lalu disiram gulai sayur, terus ditambah sambal tauco, kerupuk dan lauk sesuai yang kita mau. Ada telur sampai daging ayam, kamu bisa pilih sendiri.

Tenang saja. Tidak perlu khawatir kehabisan menu yang satu ini kalau pagi, karena akan banyak dijumpai warung-warung kecil yang berjualan lontong sayur di hampir sepanjang pinggir jalan kota Medan dengan ragam lezatnya.

Jangan harap semua rasa akan sama. Lontong sayur akan terasa berbeda rasanya tergantung suku apa yang berjualan. Kalau Jawa, akan lebih terasa manisnya, kalau suku Mandailing akan terasa asinnya. Tapi kebanyakan, kuliner Medan itu selalu pas rasanya untuk tiap lidah. Gak kemanisan, gak juga keasinan apalagi hambar.

Harga biasanya sekitar Rp.6000 -, keatas tergantung tempat atau menu tambahannya.

Nasi Gurih/ Nasi Lemak

Sumber gambar : instagram/warungbuatik

Nasi gurih atau nasi lemak ini sebenarnya hampir sama dengan Nasi Uduk yang biasa ada di pulau Jawa. Mungkin lebih ke beda topping kali ya. Dan di Medan lebih dikenal dengan nama Nasi Gurih atau Nasi Lemak. Nasi Gurih adalah beras yang dikukus santan serta rempah-rempah pilihan sampai matang kemudian dihidangkan dengan topping tauco, sambal teri kacang, tumis mie putih dan kerupuk. Kalau mau tambah telur sambal atau daging juga boleh. Ada kok. Tinggal tunjuk seperti di Warteg. Harga biasanya tidak jauh beda bahkan sama dengan Lontong Sayur.

Soto Medan

Sumber gambar : instagram/demediapustaka

Nah, siapa diantara kamu sarapannya suka pakai soto? Agak anti mainstream gak sih kalau sarapan pakai soto? Ntahlah, yang pasti di Medan sarapan soto sudah biasa sih. Apalagi soto Medan. Beh. Ada keunikan rasa dari Soto Medan itu sendiri yaitu kuanya yang segar karena ditambah potongan tomat dan perasan jeruk nipis plus sambal cabai rebus yang dihaluskan. Belum lagi suwiran ayam, taburan tauge dan perkedel menjadi pelengkap khasnya Soto Medan. Hmm, bayangin segernya tuh gimana? Kamu sudah pernah coba belum? Kalau belum, wajib dicobain.
Untuk harga soto medan biasanya sekitar Rp. 25.000-, an

Mie Balab Goreng

sumber gambar :instagram/penjajahmakanan

Aneh. Iya memang. Kebanyakan kalau bukan orang Medan selalu bertanya Mie Balap itu apa sih? Sebenernya saya kurang tahu persis ya mengapa sarapan termurah dengan harga Rp. 5000 an sudah bisa membuat kenyang ini dinamakan mie balap? Apa mienya yang balapan atau bagaimana. Cuma, biasanya Mie Balap Goreng itu dimasak pada saat itu juga ketika ada yang beli. Mie yang ditumis dengan bumbu-bumbu pilihan dan dicampur daun bawang juga tauge ini memasaknya pun pasti harus cepat-cepatΒ  karena antrian Mie Balap Goreng biasanya di pagi hari (apalagi hari libur) selalu panjang banget. Nah, memasak dan menyajikannya otomatis harus sigap, mungkin identik dengan mobil balap yang gerak cepat. Jadi tercetuslah namanya jadi Mie Balap. Gak heran sih, kemarin saya pernah temui ada ‘Nasi Goreng Ribut’. Ternyata cara masaknya ribut banget sambil memukul-mukuli wajannya. Hihi.

Β Bubur Ayam

Sumber gambar : instagram/drummerkuliner

Yups, siapa yang gak tahu bubur? Bubur ada bermacam-macam jenisnya. Salah satunya Bubur Ayam. Bubur Ayam di Medan ada bermacam-macam. Yang paling digemari masyarakat Medan itu ada Bubur Ayam Jakarta, Bubur Ayam Bandung dan Cirebon. Nah, walaupun buburnya bukan khas kota Medan, tapi orang Medan sangat suka menjadikan menu ini sebagai sarapan. Harganya hanya sekitar Rp. 10.000,- an saja. Dan jangan harap yang jualan Bubur Jakarta asli orang Jakarta semua ya? Begitu pun Bubur Cirebon maupun Bandung. Biasanya orang Medan juga mau beralih jadi pengusaha bubur Ayam Jakarta. Nasi Padang di Medan saja yang menjualnya banyak bukan orang suku asli dari Padang. Harganya hanya sekitar Rp. 10.000,- an saja. Terjangkau kan

Sungguh ragam budaya terasa indah sekali di kota Medan. Mulai dari kuliner dan budayanya yang bercampur hingga tercipta ragam rasa kuliner juga budaya unik dan baru di kota Medan.

Itu tadi info sekilas untuk menu sarapan di kota Medan. Sekarang sudah gak bingung lagi kan kalau ke Medan mau sarapan apa? Tenang, dari pagi hingga pagi lagi kota Medan adalah surganya ragam kuliner aneka rasa dan tampilan. Jadi, kapan ke Medan?

15 KOMENTAR