Dok. Penakata

Sebuah kolaborasi yang nyata, bahkan bukan fiktif lagi tapi fakta, memang melahirkan sebuah karya luar biasa. Jelas saja. Proses membuatnya cukup menguras otak dan tenaga, bahkan dompet ikut terkuras.

Namun semua itu bukan semata-mata untuk itung-itungan, karena kami ikhlas dan senang hati melakukannya. Tidak percaya? Silakan saja, kalau kami tidak sungguh-sungguh dan betulan pelit, maka karya ini tidak akan jadi.

Ya. Apa lagi kalau bukan sebuah film berjudul KOTAK LAMA?

Jangan tanya film KOTAK LAMA ini menceritakan apa. Tunggu saja tanggal mainnya. Yang jelas, tidak bakal abal-abal. Sebab, sekalipun otak kami bebal, ada otak-otak lain yang tentunya banyak akal. Penakata tidak akan mampu sendiri, kalau tidak ada Sarekat Kine, Teater Kaplink, Kelas Bercerita, dan WRDMN yang menemani.

Proses pembuatan film ini pun tidak sesingkat waktu salat magrib. Kendati demikian, setiap proses adalah perjalanan menyenangkan yang kami nikmati bersama. Maka, syukur kami panjatkan yang pertama dan satu-satunya adalah kepada Tuhan yang Maha Esa.

Dialah yang menciptakan jiwa-jiwa solid dan tidak pelit ini untuk bersatu memperkuat pemikiran. Dia jugalah yang menggerakkan hati kami semua untuk tidak pernah menyerah. Termasuk menggerakkan hatimu nanti. Tunggu saja.

Namun, sekeren apa pun hasil karya kami, apalah artinya jika tidak bisa dinikmati bersama-sama?

Bersama-sama itu bukan kami-kami yang membuat karya ini, tapi juga kamu. Kami dan kamu.

Meski karya sudah jadi, sepertinya kami resah tanpa kamu. Itulah sebabnya kami terpikir untuk membuat sebuah wacana. Harapannya sih kamu bisa membantu mewujudkannya.

Kereta WacanaΒ namanya. Kami ingin karya ini seperti kereta yang bisa berjalan ke mana-mana. Tidak cuma KOTAK LAMA, tapi juga karya-karya selanjutnya yang tak akan habis mengisi gerbong-gerbong Kereta Wacana. Apa lagi kalau bukan menghampiri kamu, kamu, dan kamu?

Nantinya, kita akan bersama-sama menikmati KOTAK LAMA ini meski harus di tempat yang seadanya. Tenang saja. Kami juga akan berbagi pengalaman tentang perfilman, mulai dari audio, editing, animasi, dan masih banyak lagi.

Tentu saja, kamu juga harus berbagi. Oleh karena itu, kami hanya bisa meminta kepada Tuhan supaya menggerakkan hatimu untuk menanti kami di kotamu.

Nantikan ya, Kereta Wacana sebentar lagi berangkat. Lihat saja, gerbong-gerbong karya apa saja yang akan kami bawa. Termasuk karya kita — kami dan kamu.

Penakata, place of collaboration for good thinkers.

6 KOMENTAR

  1. Sesulit apa pun itu, jangan pernah berhenti berkarya, Tuan. Jangan lelah bermimpi juga. Tetap semangat. Tetap bersinar juga dalam segala hal. Hahaha. Aku bantu doa saja, ya? Dukung dan transfer doa juga. Kolaborasi doa juga ampuh loh. πŸ˜‡πŸ’πŸ˜‡

    😍 OST-nya keren. Meskipun aku enggak ngerti, tetapi serius musiknya bikin kepala dan tangan ikut bergoyang. πŸ˜ƒπŸ˜€πŸ˜„Translate, Tuan. Wkwkwk.