Sumber gambar dok. pribadi

“Pagi, Yang Esa,” sapa hari ini untuk Sang Maha. Memang segalanya sudah digariskan dalam takdir. Tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Apa pun itu, bahkan konsep atau ide yang muncul tidak semata-mata karena kamu, aku, atau kalian, tetapi karena-Nya. Sehingga kita akan belajar ikhlas untuk menerima segala kemungkinan yang sudah atau akan terjadi.

Banyak sekali pelajaran yang saya dapat dari produksi filmΒ  “Kotak Lama”. Kita tidak bernaung dalam sebuah nama, tetapi karya yang membuat kami khusyuk dan menyatu di dalamnya. Inilah kolaborasi yang tidak sekadar fiktif, tetapi fakta. Kami menjadi team yang solid dan tahu diri. Tahu apa yang menjadi tangung jawab, peduli, dan merasa saling memiliki.

Meski dengan segala keminiman dana, tanpa disangka-sangka Yang Esa memberikan jalan keluar. Awal-awal kami belum yakin, kalau film “Kotak Lama” ini akan bisa diproduksi. Namun, pikiran itu salah besar. Takdir membawa kami pada pertemuan yang berkah. Tuhan membukakan hati dan pikiran untuk turut ambil peran sesuai porsinya masing-masing. Alangkah indahnya dunia ini, meskipun kita harus tetap sadar. Ada hal yang sesuai keinginan dan yang tidak sesuai keinginan. Keduanya tetap membutuhkan rasa sabar yang dalam.

Perihal mimpi, kami ingin sekali menyebarkan dan berbagi. Mengajak kalian semua dalam keberkahan ini. Kata “jangan pelit” bisa dipahami sebagai ajakan bukanlah sebuah larangan. Ajakan untuk ikut bersama-sama mengapresiasi secara positif. Kami sadar kalau menanam padi akan ada rumput yang tumbuh. Niat baik, ajakan baik, tentu tidak luput dari prasangka negatif. Untuk itulah, lebih baik fokus pada tujuan yang ingin dilahirkan dan menjaganya dari gulma-gulma yang merusak.

Kami berharap akan ada hati yang terbuka dan tergugah dengan ikhlas datang menyaksikan pemutaran film “Kotak Lama”. Mari kita sama-sama memopulerkan kembali budaya menonton film alternatif karya anak bangsa. Kalau bukan dari kita sendiri, lalu dari mana? Apa iya, kita jual tiket acara pemutaran film ke bangsa lelembut. Sangking sulitnya mengajak teman-teman untuk sedikit menengok ke arah layar film alternatif. Semoga hati kalian bisa terketuk ingin menonton film “Kotak Lama” ini.

Kami juga tidak menutup diri, barangkali ada teman-teman sineas yang ingin memfasilitasi pemutaran film di kota kalian berada. Tangan kami sangat terbuka atas nama kolaborasi bersama. Semakin banyak yang ikut bergabung, maka semakin kuat juga jejaring dan ekositem yang akan terbentuk. Karena kalau tidak kita mulai dari sekarang dan bersumpah untuk konsisten, kapan lagi?

Revolusi kita belum berakhir, Team! Buktikan pada mereka bahwa kita bisa menciptakan paradigma baru. Meski kita tahu pergerakan dan kegiatan abal-abal yang biasa dilakukan kebanyakan orang, semata-mata untuk mendapatkan aliran dana. Lalu, kenapa yang benar-benar melakukan dan menggelar kegiatan secara serius malah telantar? Sedang mereka yang hanya seolah-olah, justru mendapatkan kepercayaan. Tidak ada yang patut disalahkan, mungkin memang sudah pada tempat yang semestinya. Namun, revolusi harus tetap jalan, biar yang semestinya sesuai dengan tempatnya.

Di hari kemenangan ini, semoga berlaku juga untuk karya yang kita lahirkan secara
bersama-sama. Karya yang membawa pada kemenangan dan keberuntungan. Karya yang membukakan pintu hidayah maupun petunjuk menuju kesuksesan. Jangan pernah merasa sia-sia apalagi putus asa. Mari rekatkan genggaman dan kita selesaikan apa yang sudah kita mulai. Kalau matahari tidak secerah hari ini, jangan pernah menyerah. Tetaplah berlayar hingga kamu menemukan daratan.

4 KOMENTAR