instagram.com/davidakashi/

Beberapa bulan lalu aku menyempatkan diriku untuk mengunjungi keluargaku yang ada di Kutai Barat. Tepatnya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Barong Tongkok. Aku menempuh perjalanan darat selama 12 jam dari rumah untuk bisa sampai ke sana. Sebenarnya ada pesawat dari Balikpapan menuju ke Melak. Namun, tidak setiap hari ada dan biayanya juga lumayan mahal kalau pergi satu keluarga. Karena akses jalan di Kalimantan yang tidak mudah, maka biaya transportasi juga tidak murah. Kami menyewa mobil dengan biaya kurang lebih 3 jutaan. Hmm… sudah kayak tiket ke Pulau Jawa.

Sesampainya di sana, keponakanku mengajak untuk mengunjungi keluarga yang ada di Bigung, Kutai Barat. Di Bigung, ada banyak air terjun sepertinya. Tapi, karena semua masih hutan dan waktuku tidak banyak, aku tidak bisa mengunjungi banyak tempat. Huft, aku hanya mendengar suara derasnya sungai dari dalam rumah si mbah yang aku kunjungi.

Sepulangnya dari Bigung, aku diajak mampir ke Jantur Mapan. Karena hari sudah sore dan kami tidak sempat untuk berkeliling. Hanya bisa mampir sebentar ke Jantur Mapan, soalnya Jantur Mapan adalah jantur yang berada di tepi jalan poros provinsi.

Ternyata, di Kutai Barat tidak hanya ada satu jantur, tapi ada banyak sekali. Keponakanku janji, kalau aku ke sana lagi mau diajak jalan-jalan ke tempat-tempat wisata di Kutai Barat.

1. Jantur Mapan

instagram.com/davidakashi

Jantur Mapan terletak di Kampung Linggang Mapan, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Arus air terjun di sini sangat deras sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang dan harus berhati-hati.

Video di atas adalah cuplikan kenangan aku saat berkunjung ke Jantur Mapan.

2. Jantur Inar

instagram.com/davidakashi/

Jantur Inar merupakan air terjun yang memiliki ketinggian 30 meter dan merupakan destinasi wisata yang kerap kali dikunjungi wisatawan. Jantur Inar terletak di Kampung Temula, Kec. Nyuatan, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur.

3. Jantur Dora

instagram.com/davidakashi

Jantur Dora terletak di Kampung Baloq Asa, Kec. Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Pemandangannya luas, teduh serta memiliki dasar yang landai sehingga nyaman untuk berenang atau bermain air.

4. Jantur Sewet

instagram.com/davidakashi

Jantur Sewet terletak di Kampung Baloq Asa, Kec. Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Berdekatan dengan Jantur Dora. Jantur ini lumayan tinggi dan dipenuhi dengan bebatuan.

5. Jantur Tabalas

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Tabalas terletak di Kampung Linggang Melapeh, Kec. Linggang Bigung, Kutai Barat, Kalimantan Timur

6. Jantur Mencangkaw

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Mencangkaw terletak di Kampung Melapeh Baru, Kec. Linggang Bigung, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Akses menuju jantur ini lumayan mudah, hanya 100 meter dari jalan poros dan dekat dengan area kampung.

7. Jantur Mukuq

instagram.com/davidakashi

Jantur Mukuq terletak di Kampung Temula, Kec. Nyuatan, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Masih satu kampung dengan Jantur Inar. Jantur ini tersembunyi dan masih jarang dikunjungi.

8. Jantur Asam

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Asam terletak di Kampung Temula, Kec. Nyuatan, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

9. Jantur Mentihai

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Mentihai terletak di Kampung Purwodadi, Kec. Linggang Bigung, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

10. Jantur Emperuq

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Emperuq terletak di Kampung Muut, Kec. Nyuatan, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Jantur Emperuq memiliki 3 (tiga) tingkat yakni Jantur Emperuq Hulu, Emperuq Tengah dan Emperuq Hilir.

https://www.instagram.com/davidakashi/ (Emperuq Tengah)
https://www.instagram.com/davidakashi/ (Emperuq Hilir)

10. Jantur Tebati

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Tebati, Kampung Linggang Melapeh Lama, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur. Jantur Tebati lebih dikenal dengan Jantur Gelokng yang dialiri air sungai Gohaq.

11. Jantur Tebatang

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Tebatang terletak di Kampung Linggang Melapeh, Kec. Linggang Bigung, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur.

12. Jantur Atai

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Atai terletak di Melapeh Lama, Kutai Barat, Kalimantan Timur.

13. Jantur Gemuruh

https://www.instagram.com/davidakashi/

Jantur Gemuruh terletak di Kampung Sekolaq Darat, Kec. Sekolaq Darat, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur.

14. Jantur Geronggong

instagram.com/davidakashi

Jantur Geronggong terletak di Kampung Engkuni Pasek, Kec. Barong Tongkok, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur.

 

Nah, itulah 14 jantur atau air terjun yang ada di Kabupaten Kutai Barat. Tempat wisata ini bisa kamu masukan list destinasi wisata kamu selanjutnya. Yuk, kunjungi Kutai Barat dan nikmati pemandangan alam yang indah dan masih natural. Surganya air terjun di Kalimantan Timur.

Jangan lupa … tetap berperilaku baik, sopan, dan jangan buang sampah sembarangan.

7 KOMENTAR