Pexels.com/pixabay

 

Selamat siang, Goodwriters Penakata. Tetap semangat menghadapi dunia. Life is so beautiful, so enjoy it. Sebenarnya aku agak ragu untuk menuliskan tentang hal yang satu ini. Pasalnya aku sendiri bukanlah expert di bidangnya.

Bisa dibilang hanya bermodalkan sumber dan keberanian saja, akhirnya aku memutuskan untuk membahas tema yang satu ini. Before that, jika ada kesalahan dalam pembahasanku kali ini silahkan saja kritisi dan koreksi secara positif hahahaha. Kenapa sekarang aku senang dikoreksi ya? Entahlah.

Pembahasan ini memang ada kaitannya dengan komentarku yang menanyakan perihal mana yang benar between deadline or dateline untuk mengartikan tenggat waktu atau batas waktu. Soalnya kita sering tuh ngomong dikejar DL nih. Haduh, serasa sok sibuk ya hihii.

Baiklah, baca bismillah dulu biar lancar dan jangan lupa tersenyum dulu biar nggak tegang karena kita akan berlabuh ke tema DL tersebut. Setelah ditelusuri DL atau deadline itu masuk dalam golongan kata majemuk. Dalam bahasa Inggris disebut dengan compound words. Compound words adalah gabungan dari beberapa kata yang membentuk kata baru dengan makna yang berbeda.

Compound words atau kata majemuk ini ada jenisnya juga loh! Yang satu ini compound words dari cara penulisannya yaitu ada 3 macam space/ open compound words, closed/solid compound words, dan hyphenated compound words.

 

1. Open atau space compound words menuliskan unsur-unsur kata pembentuknya secara terpisah. Contohnya adalah ice cream = es krim, high school= sekolah menengah, living room= ruang tamu.

2. Closed atau solid compound words adalah gabungan kata yang dituliskan itu menjadi satu tidak terpisah. Contohnya notebook= buku catatan, deadline= batas waktu/tenggat waktu, bookstore= toko buku.

3. Hyphenated compound words adalah jenis kata majemuk yang menggunakan hyphen atau tanda penghubung dan digunakan untuk menggabungkan kata yang berbeda. Untuk jenis yang satu ini bisa lebih dari dua kata.

Contohnya: sister-in-law = saudara ipar perempuan, warm-up= pemanasan, up-to-date= terbaru.

Akupun sesungguhnya belum begitu mahir untuk membedakan apakah sebuah kata tersebut adalah kata majemuk atau bukan. Maka dari itu kita membutuhkan tool yaitu kamus. Karena variasi kata majemuk itu banyak dan terdiri dari gabungan kata yang menduduki unsurnya.

Bisa saja kata majemuk tersebut adalah gabungan dari verb dan noun atau mungkin noun dan noun, adjective+noun dan masih banyak lagi. Wah, aku pusing sendiri deh yang nulis hihii. Semoga tulisanku ini bermanfaat.

Sumber: sederet.com

12 KOMENTAR

  1. Aku suka kok dengan artikel kamu ini. Soalnya, banyak banget yang belum paham tentang kata majemuk. Banyak banget yang tidak tahu, tidak peduli, bahkan mengabaikannya. Contohnya, untuk “terima kasih” dan ”orang tua”, masih banyak yang merangkainya.

    Bon, aku recoki nih.😂

    • silakan, tanpa huruf “h”
    • kritik, bukan kritisi (cek deh KBBI nanti tahu)
    • bismillah (italic)
    • aku pun, harus selalu dipisah

    Selamat hari Minggu, Ibbon, semoga harimu penuh kebahagiaan. Wkwkwk, pagi ini ada malaikat lewat di depanku. Hahahaha.👼👼👼

      • Ibbon, silakan dari dulu juga enggak pakai huruf “h”, tetapi banyak yang salah saja dalam mengunakannya. Karena itu, rajin lihat kamus adalah kuncinya atau Googling. 😉😉

        Oya, ada yang aku lupa. Untuk judul di atas yang pakai tanda kurung, pengulangan kata yang utuh tanpa ada imbuhan harus pakai kapital, Bon: “Kata-Kata”. Kecuali, “Kata-katanya”. Bedakan, ya?😉😁

        Pagi, Bon. Jangan lupa sarapan. Makan apa saja. Makan hati pun tidak masalah selama kita bisa mengatasinya. Wkwkwk. Semangat! 😂😆😉

  2. Oalaah, yg bener “deadline”? Wkskwk 🙈

    Aku dulu kalo nulis deadline, trus terpengaruh sama orang yg tulisannya sering jd panutanku, dia nulis “dateline”. Eh rupanya dia yg salah.. 🙊🙊

    Pelajaran: kalo ragu sebaiknya cari referensi, dan jangan gampang ikut-ikutan. Wkwkwk 😂

    Nice, Sensei. Wkwk