Pantai Pulau Panjang (sumber: dok.pri)

Kamu suka pantai? Kangen pantai? Atau lagi ingin ke pantai?

Mungkin ini belum weekend, tapi bolehlah di sela-sela kesibukan kita menenangkan pikiran dengan mendengarkan desiran ombak yang membasahi pasir, membuat istana-istanaan, atau memandang birunya langit beserta awannya yang terpantul di lautan. Yup, aku akan mengajakmu ke pantai.

Mau, ‘kan? Siap-siap dulu, gih. Tidak usah khawatir dompet yang menipis. Ini gratis. Mau ke mana sih, kita?

Aku akan mengajakmu ke Maldives. Tapi boong. Hehehe. Kita akan meluncur ke daerah utara Jawa Tengah, yaitu Jepara.

Pasti kamu mengira aku akan mengajakmu ke Karimun Jawa? Kapan-kapan saja deh, kalau ada kesempatan dan lipatan-lipatan (uang). Sekarang, aku mau mengajakmu ke 2 pantai sekaligus yang tidak kalah bagus dengan Karimun Jawa.

Udah siap? Sebentar, aku siapkan kendaraan dulu. Ngeeengg. Mari kita meluncur!

Pantai Bondo Pasir Putih

Pantai Bondo Pasir Putih (sumber: dok. pri)

Sesuai namanya, pantai ini pasirnya putih. Waaahh … siap mainan pasir nih! Pantai Bondo ini terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, dengan jarak sekitar 17 km dari pusat Kota Jepara.

Dari kota, kita akan meluncur saja ke utara ke arah Mlonggo. Yang terpenting, kita juga harus menyiapkan Google Maps dan tidak lupa untuk menyapa penduduk sekitar sambil tanya jalan, hehe.

Kalau suatu saat kamu ingin ke sini sendiri, tenaaang. Ini low budget banget, karena kita hanya perlu merogoh dompet sebesar 10.000 rupiah perorang bisa puas seru-seruan. Selain itu, di tepi pantai banyak pepohonan yang rimbun serta penjual makanan dan minuman.

Ah, kamu lapar? Ayo kita pesan seafood sambil menikmati angin pantai yang sepoi-sepoi yang memanjakanmu dan suara ombak yang menenangkan. Mau pilih menu apa? Banyak pilihan, lho! Aku pilih ikan bakar dan sambal saja, deh!

sumber: dok. pri

Sehabis makan, ayo kita berenang dan main air. Ombaknya tidak terlalu besar, kok. Tapi ingat, jangan nengah-nengah. Tidak kok, bukannya aku khawatir sama kamu. Aku takut kamera kita basah terkena air. Hehehe.

Aduh, jangan marah dong! Aku sampai harus lari-lari gara-gara kamu gemas dan melempariku pasir. Hihi.

Oh ya, selain pantai ini, di Desa Bondo juga ada Pantai Ombak Mati yang letaknya tidak jauh dari Pantai Bondo. Tapi kita mampir lain kali saja ya, karena hari sudah sore. Kamu sih, tidak mau berhenti berswafoto. Saking terpesonanya, ya?

sumber: dok. pri

Malam ini kita harus beristirahat, karena besok aku akan mengajakmu ke pantai lagi. Tenang, pantainya tak kalah indah. Bayangkan saja Maldives. Mirip deh, sebelas dua belas.

Jangan lupa isi baterai kamera dan ponselmu, supaya besok kita bisa puas berswafoto tanpa khawatir lowbat.

Ah, rupanya esok sudah tiba. Bagaimana istirahatmu? Jangan lupa sarapan, karena setelah ini kita akan meluncur ke …

Pantai Pulau Panjang

Pantai Pulau Panjang (sumber: dok. pri)

Yaayyy!!!

Pantai ini tidak kalah bagus dengan Karimun Jawa, lho. Pasirnya putih, airnya bening banget. Tidak sabar ya ingin lihat? Ayo, gas!

Pulau Panjang ini terletak di Kelurahan Ujung Batu, Jepara dan berjarak sekitar 2,5 km dari Pantai Kartini. Kalau ke sini, kita bisa sekaligus ke 2 pantai, karena Pulau Panjang ini terletak di seberang. Nyebrang pulau, Coy! Seru, ‘kan?

Pantai Kartini (sumber: dok. pri)

Sebelum ke Pulau Panjang, kita akan singgah dulu di Pantai Kartini, baru deh nanti naik perahu sampai Pulau Panjang. Sebenarnya tidak harus Pantai Kartini sih, kita juga bisa ke sana via Pantai Bandengan. Tapi karena Pantai Kartini ini lebih dekat dengan Pulau Panjang, jadi kuajak kamu ke sini saja, hehe.

Nah, kita sudah sampai di Pantai Kartini. Masuk ke Pantai Kartini ini, kita cukup membayar biaya retribusi sebesar 5.000 rupiah perorang, dan juga biaya parkir mulai dari 2.000 rupiah tergantung jenis kendaraan. Kita parkir dulu nih kendaraan kita di sini sebelum ke Pulau Panjang. Aman, kok. Petugas parkir di sini akan menjaga kendaraan kita dengan baik.

Sebelum nyebrang, boleh nih kita foto-foto dulu di Pantai Kartini. Tapi agaknya kurang seru, karena Pantai Kartini ini lebih cocok untuk wisata edukasi dengan banyak wahana pendidikannya, kurang cocok kalau kita ingin bermain pasir sepuasnya. Lihat tuh! Ada kura-kura raksasa. Lain kali saja ya, masuk sananya.

Bersiap naik perahu (sumber: dok. pri)

Karena cuma singgah, sebentar saja keliling-kelilingnya. Kita harus segera ke Pulau Panjang. Jangan lupa siapkan uang 20.000 untuk naik perahu pulang-pergi ke Pulau Panjang. Murah, bukan? Perjalanan naik perahu ini cuma 20 menitan kok. Tidak akan terasa deh karena sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan pantai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin sea kita.

Sambil menikmati perjalanan ke Pulau Panjang, aku akan memainkan lagu How Far I’ll Go OST Disney Moana supaya kamu lebih menikmati pantainya.

I’ve been standing at the edge of the water
‘Long as I can remember, never really knowing why
I wish I could be the perfect daughter
But I come back to the water, no matter how hard I try

Every turn I take, every trail I track
Every path I make, every road leads back
To the place I know, where I can not go
Though I long to be

See the line where the sky meets the sea it calls me
And no one knows, how far it goes
If the wind in my sail on the sea stays behind me
One day I’ll know, if I go there’s just no telling how far I’ll go

Hei, kamu! Jangan tidur, kita sudah sampai nih. Aku jadi ingin tertawa. Kamu rupanya mengantuk diterpa angin sepoi-sepoi, dan suara menenangkan gemericik air beradu dengan perahu.

Kita sudah sampai Pulau Panjang (sumber: dok. pri)

Hati-hati turun perahunya. Kan tidak lucu kalau kamu nyemplung. Nyemplung-nya nanti saja deh. Hihi. Oh ya, siapkan uang 5.000 rupiah ya untuk memasuki pantai ini. Eh, tiket perahunya tadi jangan kamu buang. Karena nanti kita akan menaiki perahu ini lagi ketika pulang ke seberang.

Huwaaaah. Belum juga masuk pantainya, kamu sudah takjub dengan keindahannya, kan? Sekarang, ayo kita masuk lebih dalam.

Airnya bening, kan? (sumber: dok. pri)

Di sini, kamu bisa snorkeling, bahkan bisa camping lho. Seru, ‘kan? Pulau Panjang ini tidak hanya pantai, rupanya juga ada makam Seykh Abu Bakar, seorang tokoh ulama Jepara. Bisa sekalian wisata religi nih kapan-kapan.

Yak, siapkan kameramu. Air yang bening sudah menanti untuk kita obok-obok. Pasir yang putih dan lembut pun sudah siap untuk kita mainkan. Ayo!

Bagaimana? Indonesia juga punya pantai yang tak kalah keren, kan?

Omong-omong, kamu penasaran tidak sih ujung Pulau Panjang itu seperti apa? Begitupun aku. Ayo kita telusuri. Ah, lihatlah. Ada penjual es lilin. Kamu kubelikan satu, ya? Mau yang rasa apa? Ah, strawberry? Oke, deh.

Kita akan melanjutkan jalan kaki menelusuri Pulau Panjang. Sekeliling kita banyak pepohonan dan kadang ada rumah penduduk, lho.

Hei, rupanya ujung Pulau Panjang tidak kunjung terlihat, ya. Kamu tampak ngos-ngosan. Baiklah, tak usah kita paksakan. Lebih baik kembali ke pinggiran pantai dan lanjut foto-foto saja, ya ‘kan?

Keren, kan? (sumber: dok. pri)

Berposelah sekeren mungkin. Aku akan terus memotretmu. Hingga sore tiba, kamu sudah tampak lelah. Sudah saatnya kita pulang.

Bagaimana? Seru ‘kan liburan denganku? Terima kasih ya karena sudah menemani. Lain kali, kita harus jalan-jalan lagi!

17 KOMENTAR