Minggu, 13 Januari 2019 aku melihat salah satu postingan sahabatku, Ipeh sedang menjadi salah satu mentor dalam program The Gade Craft & Gold. The Gade Craft & Gold merupakan inkubator bisnis dari PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah IV Balikpapan.

Kepala PT Pegadaian (Persero) Tbk Kantor Wilayah IV Balikpapan, Dwi Wuryantadi, mengatakan dalam menjalankan usaha, pihaknya tidak hanya berorientasi pada business value tetapi juga pada social value untuk meningkatkan kapasitas sosial ekonomi. (Sumber: kalimantan.bisnis.com)

Ipeh ialah salah satu pelaku seni di Balikpapan yang fokus pada seni kriya (kerajinan tangan). Ia sudah beberapa kali mengikuti pameran seni kriya dan karya-karyanya banyak diminati.

Kelas merajut ini diikuti oleh 12 peserta yang berusia mulai dari 23 tahun sampai dengan 40 tahun. Pesertanya adalah para ibu-ibu yang memiliki kemauan dan kreatifitas untuk berkarya.

Ipeh bersama Rumah Seni Nirmana dengan sabar dan telaten memberikan kelas kepada ibu-ibu yang hadir. Pembawaannya yang santai, mampu menciptakan susana yang tidak membosankan dan selalu tertawa.

Merajut bukanlah pekerjaan/kegiatan yang mudah. Butuh ketelitian, ketelatenan dan kesabaran untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus. Merajut juga membutuhkan konsentrasi dan kreatifitas tinggi. Tak heran kalau produk rajutan harganya memang fantastis di pasaran. Mengingat prosesnya yang cukup lama. Bisa berhari-hari untuk bisa menyelesaikan 1 buah tas rajutan. Harganya biasanya bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung motif dan tingkat kesulitan.

Kegiatan ini memang sangat cocok dilakukan untuk para ibu yang full time berada di rumah. Bisa untuk mengisi waktu luang yang terkadang bingung mau digunakan untuk apa, yang pada akhirnya justru ngerumpi dan sibuk membicarakan orang lain. Padahal, kalau jadwal ngerumpi itu diganti dengan jadwal merajut, pastilah waktu-waktu itu akan semakin bermanfaat juga bisa membantu perekonomian keluarga.

Program pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif dari PT. Pegadaian ini sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi di Kalimantan. Kehadiran The Gade Craft & Gold diharapkan dapat memfasilitasi industri kreatif yang ada di Balikpapan.