Dokumen Pribadi

Pantai Tanah Merah Tanjung Harapan menjadi salah satu tempat paling ramai dikunjungi saat liburan akhir pekan. Pantai Tanah Merah terletak di kelurahan Kuala Samboja, tepat berada di Selat Makassar.

Pantai Tanah Merah menjadi tempat wisata laut yang pertama kali ada di Samboja. Mengingat saat ini sudah ada banyak pantai yang dijadikan tempat wisata di daerah pesisir Samboja selain Pantai Tanah Merah.

Pantai Tanah Merah termasuk pantai yang paling luas yang ada di wilayah Samboja setelah pantai Ambalat dan pantai Pemedas.

Pantai ini cukup rindang dan sejuk, karena di pantai ini terdapat banyak pohon pinus yang membuat pantai semakin sejuk dan segar. Jadi, kita tidak kepanasan kecuali memang berkeinginan untuk berenang. Namun, jarang sekali ada pengunjung yang berenang, biasanya cuma main air saja. Mengingat di pantai ini masih banyak kerang, kepiting dan keong laut yang jumlahnya cukup banyak. Kalau tidak hati-hati, bisa terinjak oleh kaki kita.

Walau tak banyak yang berenang di sini. Namun, pantai ini tetap menjadi tempat favorite warga sekitar maupun masyarakat lain yang datang dari luar daerah. Pantai ini menjadi tempat favorite untuk Pra Wedding atau para photographer yang berburu objek menarik. Sebab, hutan pinus yang ada di pantai ini bisa membuat kita merasa sedang berada di hutan sungguhan. Di mana yang terlihat hanyalah pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang. Di sisi lain, pantai ini juga memiliki pemandangan laut yang indah. Terutama bagi penikmat sunset.

Pantai ini juga sering digunakan untuk berkemah, family gathering dan beberapa event. Sehingga selalu ramai saat weekend.

Selain hutan pinus yang indah, pantai ini juga dihiasi oleh pohon-pohon bakau. Jadi, di sini kita bisa merasakan dua sensasi sekaligus. Kita merasakan sensasi di pantai sekaligus sensasi hutan alam yang rindang.

Buat kamu yang ingin berlibur ke pantai dan ke hutan alam sekaligus, pantai ini bisa jadi tempat yang tepat untuk kamu kunjungi.

Tempat ini cukup menarik untuk ngumpul bareng temen atau keluarga. Hanya saja pantai ini masih memiliki banyak kekurangan. Mengingat pantai ini sudah lama, seharusnya wisata ini bisa semakin baik. Namun pengelolaan pantai ini masih kurang baik. Banyak Gazebo yang tidak terawat. Juga banyak sampah berserakan saat aku datang berkunjung ke sana. Sepertinya pengelolaan sampah di tempat ini masih kurang baik. Ini jelas sekali menyebabkan pencemaran lingkungan terutama  untuk daerah pantai.

Tempat ini akan semakin baik dan menarik jika dikelola dengan baik pula. Sebab pantai ini merupakan potensi wisata yang ada di wilayah Samboja.

 

Samboja, 14 Januari 2019

1 KOMENTAR