Reviewer and Author by Textratis

Judul : Menulis Kreatif Itu Gampang
Penulis: Sri Wintala Achmad
Tahun Terbit: Desember 2016
Tebal: 232 halaman

_____
Buku ini berisi tentang panduan menulis puisi, cerpen, novel, esai sastra, skenario, dan naskah lakon. Awal melihat judulnya saya langsung tertarik. Apalagi dengan tulisan besar “Menulis kreatif itu gampang” plus background warna kuning yang mencuri perhatian.

Kelebihan:
buku ini sangat lengkap untuk panduan menulis karya sastra. Mulai dari puisi sampai naskah lakon dan skenario. Tidak hanya teori tapi juga ada contoh yang semakin memudahkan kita untuk memahami. Metode sederhana, mudah dipahami dan diterapkan.

Buku ini bisa membuka pikiran bahwa satu tema tulisan bisa jadi berbagai macam karya sastra dan itulah mungkin yang dimaksudkan dengan kreatif. Sedang jenis karya puisi saja bermacam-macam, jadi sangat tidak mungkin untuk tidak bisa jadi penulis. Tinggal mau dijadikan karya apa tulisanmu. Esaikah, cerpen, novel dan lain sebagainya. Tentunya semakin menguasi, anda semakin menjadi penulis handal dan kreatif.

Kekurangan:
Kurang adanya ekplorasi dan penjelasan dalam menemukan ide yang cemerlang. Hanya pengantar kecil sebagai motivasi agar berani menulis. Akan lebih asyik dan nyentrik kalau disertai dengan pengalaman penulis dalam dunia kepenulisan. Jatuh bangun, susah payah, bagaimana masih bisa bertahan menulis. Tentu itu akan menjadi nilai positif yang bisa memotivasi para pembaca. Menyadarkan untuk memacu kreatifitas yang mereka miliki.

Secara keseluruhan saya terbantu dengan buku ini. Sesuai tagline di bawahnya yaitu, panduan menulis, saya lebih bisa memahami beberapa jenis bentuk tulisan. Seperti puisi esai, puisi mbeling, novel yang layak diterbitkan dan masih banyak lagi. Di luar kekurangan yang saya sebutkan, buku ini wajib untuk kalian miliki. Sebagai panduan dan pegangan dalam menulis karya sastra.

3 KOMENTAR