pixabay.com

“Buku membantu menenun umat manusia sebagai satu keluarga, memegang masa lalu yang sama, sejarah dan warisan untuk menciptakan takdir yang dibagi, di mana semua suara terdengar dalam paduan suara besar aspirasi manusia.” ~ Audrey Azoulay, Directur Jenderal UNESCO ~

Hai Goodreaders, Kacaku mengucapkan, Selamat Hari Buku Sedunia.

Tahukah Sobat, mengapa hari buku sedunia jatuhΒ pada tanggal 23 april, tepatnya hari ini?

Menurut referensi, 23 april adalah hari sakral bagi para penulis di dunia. Tanggal tersebut juga menjadi tanggal simbolis untuk sastra dunia. Selain hari di mana meninggalnya beberapa sastrawan yaitu Cervantes, Shakespeare dan Inca Garcilaco de la Vega, tanggal tersebut juga tanggal lahir dan kematian para penulis terkenal di dunia seperti Maurice Druon dan lainnya.

Maka akhirnya, tanggal ini ditetapkan sebagai World Book Day atau Hari Buku Sedunia, pada konferensi umum UNESCO di Paris tahun 1995 silam, Sobat.

Saat itu dilakukan pembayaran upeti untuk para penulis dan buku di seluruh dunia. Hal itu diharapkan dapat memotivasi khususnya kaula muda agar lebih semangat lagi melakukan kegiatan membaca dan membuat pembaharuan.

Untuk menghargai dan menghormati para pendahulu yang berkontribusi memajukan sosial budaya umat manusia, UNESCO pun memutuskan untuk menetapkan perayaan World Book Day pada tanggal 13 April.

Ini adalah tahun ke-24 perayaan World Book Day sekaligus Copyright Day dilakukan, Sobat. Perayaan ke-24 ini berfokus pada harapan dan upaya memahamkan betapa pentingnya melindungi bahasa-bahasa asli.

Buku bisa menyatukan manusia-manusia melalui cerita-cerita sejarah dan budaya. Maka dari itu, fokus itu pun digaungkan plus karena juga sejalan dengan perayaan Tahun Internasional bahasa adat.

Ibukota yang terpilih sebagai World Book Capital pada perayaan buku sedunia tahun ini adalah kota Sharjah. Karena kota ketiga terbesar di Uni Emirat Arab ini dinilai sebagai kota yang inovatif, konferhensif dan inklusif dengan banyak programnya tentang buku.

Sekian info dari Kacaku. Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Referensi

3 KOMENTAR

  1. William Shakespeare 😍😍😍…..
    Selamat hari buku meski usah rada telat ya πŸ™ŠπŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ. Menulis dan membaca dua hal yang saling sinkron. Suka menulis harus suka membaca juga donk. Semoga aku gemar membaca ya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜ŽπŸ˜‰