Pixabay.com/katyveldhrost

Apa kabar semua? Masih ingat Icha? Ah, tentu tidak!

Siapa sih aku?aku hanyalah remahan rengginang sisa lebaran tahun kemarin. Tahun kemarin lho ya?dan beberapa bulan lagi udah mau lebaran!duh, basa basinya Basuki ehhh basiii banget ya Icha ini.

Sudah lama tidak singgah di Penakata. Maklum Icha sedang ‘terisolir’ di sebuah kota yang cowoknya bikin silau man..! Yang bikin Icha kayaknya mau stay lama dan ogah pulang ke pulau Jawa  Hihihi

Icha ini anak bungsu perempuan yang paling cantik di keluarga (ya,iyalah!kakak Icha kan laki-laki dan mama bukan saingan).

Seperti anak sultan di luaran sana ehem.. Icha ini di perlakukan like a princess. Dalam arti tanda kutip guys!

Di mana,kemana,kapan,sedang apa ( wahai ahli PUEBI maafkeun jika typo) mama Icha harus tahu. Padahal umur Icha sudah….ckkkk. ah, tabu ngomongin umur.

Pokoknya usia Icha adalah usia dimana organ reproduksinya sudah oke buat di buahi ..lho..lho..kok jadi kontennya nganu..hihi maaf pemirsah.. kilaf!

Icha ini dari SD sampai Kuliah cuma di area Jateng – Jogja, belum pernah yang namanya keluar dari zona aman alias merantau.

Merantau adalah cita-cita Icha dari usia puber. Ingin merasakan berada di sebuah tempat yang jauh dari tempat asal dan orangtua ingin merasakan atmosfer kehidupan yang berbeda (idihhh..bahasanya).

Dan tebak akhirnya impian Icha terwujud! Icha ada di sebuah kota B di pulau K.

Karena belum punya pengalaman merantau luar pulau, Icha sedikit kesulitan ketika harus beradaptasi. Tapi Icha punya tips yang lumayan untuk para ‘rantau lovers’ pemula lho, berikut tips ala Icha :

1. Pastikan kamu punya jiwa survivor dan traveler. Karena jiwa dan mental tempe sama tahu bulat di goreng dadakan lima ratusan tidak cocok merantau karena kita tidak tahukan karakteristik tempat rantau kita? Jadi, harus siap mental jiwa dan raga!

2. Untuk bisa diterima di sebuah tempat atau lingkungan terapkan sebuah pepatah yang dari kelas 5 SD sudah di doktrin sama guru PKn kita ‘Dimana bumi di pijak di situ langit di junjung’ yang artinya begini….emh..duh lupa maklum Udah bukan anak SD hihi intinya taati peraturan di tempat itu jangan seenak udelmu Dewe lah, pokoknya hormati adat istiadat dan peraturan yang berlaku di tempat rantau.

3. Ingat dan fokus apa tujuan kamu di tempat rantau. Jika tujuan kamu belajar , belajarlah dengan tekun. Jika tujuan kamu bekerja, bekerja lah yang bener. Jika tujuan kamu cari jodoh yang Pioneer jangan pulang sebelum dapat hohohoho.

4. Pelajari karakteristik lingkungan dan orang-orang di tempat rantau kamu. Caranya bagaimana? Hellooo dapat salam dari pepatah ‘malu bertanya sesat di jalan’ (kalau sesat di hati akohhh sih gak masalah).Tanya dong sama teman atau orang yang asli tempat rantau kamu atau tanya ajalah ke Mbah serba tahu. The power of Google!!! Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan diri.

Itu saja ya tips jika kalian mau merantau. Tips yang sudah Icha terapkan dan lumayan berhasil (sebenarnya masih banyak, tapi sudah terlalu lelah sendiri) Sudah sebulan dan Icha betah lho di sini walaupun harga makanan di sini bikin ngelus dompet.

Udah ya, maafkan jika tak berfaedah. Di baca boleh di report ke admin jangan #saveicha please hohohoho

Bye!!!

10 KOMENTAR